Tiga Daerah di Maluku Dapat JKN-KIS Award Dari BPJS Kesehatan

by
Kepala BPJS Kesehatan Cabang Ambon Afliana Latumakulita menyerahkan JKN-KIS Award kepada tiga daerah di Maluku yang dianggap sukses menjalankan program ini, Senin (18/12). FOTO : ALFIAN SANUSI (TERASMALUKU.COM)

TERASMALUKU.COM,-AMBON-Badan Penyelenggara Jaminan Sosial (BPJS) Kesehatan Cabang Ambon memberikan penghargaan Jaminan Kesehatan Nasional Kartu Indonesia Sehat(JKN-KIS) Award kepada tiga daerah di Maluku yang dianggap sukses menjalankan program tersebut.

Penghargaan diberikan secara langsung Kepala BPJS Kesehatan Cabang Ambon Afliana Latumakulita kepada Kabupaten Buru, Buru  Selatan dan Kota Tual yang berlangsung di Kantor BPJS Kesehatan Ambon, Senin (18/12). Untuk Kota Tual, penghargaan diterima langsung Walikota Tual, Adam Rahayaan, Buru Selatan diterima Wakil Bupati Ayub Saleky, Kabupaten Buru penghargaan diterima pejabat setempat.

Afliana mengatakan, JKN-KIS Award ini diberikan kepada pemerintah daerah yang patuh kepada kewajiban dan aturan yang diberikan BPJS Kesehatan. “Kita menilai dari kepatuhan membayar iuran setiap bulan, kepatuhan mengintegrasikan dan banyaknya peserta di daerah tersebut yang mereka tanggungkan di APBD,” kata Afliana.

Ia menyebutkan, dari sebelas kabupaten/kota di Maluku, hanya Kabupaten Buru, Buru Selatan dan Kota Tual saja yang memenuhi kriteria dari persyaratan yang ada. Sehingga tiga daerah tersebut yang keluar sebagai pemenang JKN-KIS Award. “Kita akan buat award seperti ini lagi di 2018. Dan kita lihat daerah mana yang dapat memenuhi kriteria persyaratan yang ada,” kata Afliana.

Afliana berharap, dengan award ini dapat mendorong pemerintah daerah yang lain untuk menanggung masyarakatnya, namun masyarakat juga harus cepat memenuhi persyaratan dalam pembuatan JKN-KIS. “Untuk mendaftarkan masyarakatnya, pemerintah daerah dan masyarakatnya harus aktif secara bersamaan,” tandasnya. (IAN)