Tiga Hari Dilantik, Dekan Syariah IAIN Ambon Didemo Mahasiswanya

by
Mahasiswa IAIN Ambon berunjukrasa memprotes pelantikan Dekan Fakultas Syariah

AMBON-Ratusan mahasiswa Fakultas Syariah IAIN Ambon, Rabu (2/11) berunjukrasa memprotes dilantiknya Jumadi Junaidi sebagai dekan fakultas ini. Aksi ini digelar tiga hari setelah Jumadi dilantik menjadi Dekan Fakultas Syariah oleh Rektor IAIN Ambon Hasbullah Toisuta. Dalam aksi yang berlangsung di gedung rektorat, mahasiswa mendesak rektor membatalkan pengangkatan Jumadi. Mahasiswa menilai Jumadi, yang sebelumnya Ketua Jurusan Muamalah Fakultas Syariah ini tidak layak menjadi dekan
Dalam aksinya mahasiswa membakar ban – ban bekas di depan rektorat. Mahasiswa sempat terlibat perang mulut dengan seorang dosen dan petugas keamanan kampus saat mereka membakar ban – ban bekas tersebut. Selain itu mahasiswa juga memaksa masuk ke gedung rektorat menemui rektor namun dihalau petugas keamanan kampus. Saat aksi berlangsung rektor tidak ada di kampus.
Menurut mahasiswa, selama menjadi ketua jurusan, Jumadi minim prestasi.“Selama menjadi ketua jurusan yang bersangkutan banyak janji-janjinya, tidak ada prestasi yang membanggakan,apalagi memimpin fakultas yang lingkupnya lebih besar,” kata pengunjukrasa, Mijwar Tomago. “Mana janji anda, kami tuntut hak kami,”demikian spanduk yang dibentang mahasiswa dalam aksi itu.
Saat aksi berlangsung, Jumadi bersama Pembantu Rektor III Bidang Kemahasiswaan Abdulah Latuapo serta sejumlah pejabat rektorat ikut menyaksikannya. Namun mahasiswa menolak menemui mereka. “Demo itu biasa, merupakan bagian dari dinamika di kampus. Namun harus bisa dikomunikasikan agar tujuan demo bisa tercapai,” kata Latuapo. Ia berjanji akan meneruskan aspirasi mahasiswa tersebut ke rektor. Sebelumnya, Senin (31/10) Jumadi Junaidi dilantik Rektor Hasbullah Toisuta menjadi Dekan Fakultas Syariah. Selain Jumadi, rektor juga melantik sejumlah pejabat utama di lingkup IAIN Ambon. (ADI)