Tiga Kecamatan di Kota Ambon Terdampak Banjir dan Tanah Longsor

by
Tanah longsor di Kota Ambon akibat hujan yang terus mengguyur kota itu sejak sepekan terakhir, Selasa (18/5/2021). FOTO : ANTARA

TERASMALUKU.COM,-AMBON-Tiga  kecamatan di kota Ambon yakni Baguala, Sirimau dan Leitimur Selatan terdampak bencana banjir dan tanah longsor akibat curah hujan tinggi disertai angin kencang beberapa hari terakhir.

Kepala Pelaksana (Kalak) Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) kota Ambon, Demy Paays menyatakan, beberapa kejadian bencana terjadi di desa Waiheru, kecamatan Baguala, dan Negeri Batu Merah, Kecamatan Sirimau, katanya, Selasa (18/5/2021).

Di desa Waiheru terjadi luapan air di jalan raya akibat penyumbatan saluran drainase, Tim BPBD kota Ambon dibantu warga sekitar bergotong royong membersihkan drainase yang tersumbat sehingga arus lalu lintas kembali normal.

Sementara di Negeri Batu Merah kawasan Gadihu RT 002/RW 013 terjadi longsor, yang menyebabkan kerusakan dua rumah warga dam tidak menimbulkan korban jiwa dalam peristiwa tersebut.

Selain longsor, hujan disertai angin kencang mengakibatkan pohon roboh di Negeri Batu merah RT003/RW 004, kawasan Ahuru.

Peristiwa ini menyebabkan akses jalan, baik untuk kendaraan bermotor dan pejalan kaki menjdai terhambat. “Pohon yang tumbang telah ditebang dan dibersihkan dan diberikan terpal untuk antisipasi,” katanya.

Tanah longsor juga terjadi di Negeri Hukurila RT 002/RW 001, di jalan lintas Dusun Seri menuju Hukurila.

Dampaknya satu unit Puskesmas, satu unit Sekolah Dasar, lima Rumah Warga serta tempat pemakan umum terkena material longsoran.

“Akibat hujan juga terjadi talud roboh di Desa Waiheru RT 023/RW 003, menimpa satu rumah warga atas nama Hasan Wael,” katanya.

BACA SELANJUTNYA