Tiga Keistimewaan Kota Ambon Yang Dikagumi Walikota Bogor

by
Walikota Bogor Bima Arya memberikan sambutan saat upacara HUT Kota Ambon ke 446 di Lapangan Merdeka Ambon, Selasa (7/9/2021). FOTO : MCAMBON

TERASMALUKU.COM,-AMBON-Kota Ambon, Selasa (7/9/2021) berusia ke 446 Tahun. Sebagai Ibukota Provinsi Maluku, Ambon memiliki keistimewaan tersediri bagi setiap orang, terutama  pejabat publik.   

Adalah Walikota Bogor Bima Arya yang mengakui sangat mengagumi Kota Ambon.

Bima yang juga Ketua Dewan Pengurus Asosiasi Pemerintah Kota Seluruh Indonesia (APEKSI) mengakui sangat mengagumi Kota Ambon karena memiliki tiga keistimewaan yang tidak dimiliki daerah lainnya.

Tiga keistimewaan itu diantaranya, kebersamaan dan persaudaraan yang luar biasa, keindahan alam dan kekayaan alam yang terus dijaga.

“Tiga hal ini yang dikagumi dan tidak dimiliki oleh daerah lain,” kata Bima Arya saat memberikan sambutan dalam perayaan upacara Hari Ulang Tahun (HUT) Kota Ambon ke 446  di Lapangan Merdeka Ambon, Selasa (7/9/2021). Bima Arya memberikan sambutan sebagai Ketua Dewan Pengurus APEKSI.

Dia menjelaskan, Kota Ambon punya masa lalu yang kelam akibat konflik sosial tahun 1999. Namun dengan persaudaraan dan kebersamaan yang tinggi, Kota Ambon bisa keluar dari masalah tersebut.

“Ambon punya masa lalu yang besar karena diuji dengan konflik, tapi dengan persaudaraan sehingga Ambon bisa keluar dari semuanya,” kata Bima.

Bima bilang saat ini Kota Ambon punya banyak prestasi. Itu semua tercapai karena kebersamaan dari seluruh masyarakat untuk memajukan Kota Ambon.

Menurut dia, daerah maupun kota lain harus belajar dari Kota Ambon terkait dengan tiga hal tersebut. Namun yang paling penting itu belajar soal pengelolaan hasil tangkap ikan sehingga Kota Ambon makin maju.

“Kalau nanti lumbung ikan harus dikelola dengan baik sehingga kota ini bisa maju,” ujarnya. (ALFIAN SANUSI)