Tiga Kontainer Surat Suara Pilpres Tiba Ambon

by
Anggota Polres Pulau Ambon disiagakan saat pembongkaran surat suara Pilpres dan DPD RI dari kontainer yang berada di Pelabuhan Yos Sudarso Ambon, Rabu (13/3/2019). FOTO : ISTIMEWA

TERASMALUKU.COM,-AMBON-Sebanyak tiga kontainer berisi surat suara Pemilu Presiden dan Wakil Presiden (Pilpres) serta surat suara DPD RI tiba di Pelabuhan Yos Sudarso Ambon, Selasa (12/3/2019) malam. Logistik Pemilu 17 April  2019 ini diangkut dengan Kapal Selat Mas dari Makassar, Sulawesi Selatan.

Rabu (13/3/2019), surat suara di tiga kontainer itu dibongkar buruh pelabuhan untuk selanjutnya di distribusikan ke KPU Kota Ambon, KPU Maluku Tengah,  KPU Kabupaten Seram Bagian Barat dan  KPU Seram Bagian Timur. Sedangkan distribusi ke KPU kabupaten lainnya di Maluku menunggu keberangkatan kapal. Distribusi ke KPU Buru dan KPU Buru Selatan akan dilakukan Rabu malam dengan kapal fery.

Pembongkaran surat suara Pilpres dan Pemilu anggota DPD RI itu dipantau sejumlah staf KPU Maluku, dan mendapat pengawasan anggota Bawaslu Maluku, Bawaslu Kota serta dijaga aparat kepolisian. Surat suara Pilres dan DPD RI itu nantinya setelah diterima KPU kabupaten dan kota, langsung dilakukan penyortiran dan pelipatan.

loading...

Sebelumnya Minggu (10/3/2019), tujuh kontainer berisi surat suara Pemilu juga tiba di Pelabuhan Ambon dan langsung didistribusikan ke KPU Kabupaten dan kota se Maluku. Bebeda dengan kedatangan tujuh kontainer suara saat itu langsung disambut dan diawasi Ketua KPU Maluku Syamsul Rivan Kubangun, dan dua Komisioner KPU Maluku lainnya,   La Alwi serta Hanafi Rahawaren.

Namun terhitung Senin (11/3/2019), masa jabatan lima komisioner KPU Maluku berakhir. Hingga kini, seleksi anggota KPU Maluku periode selanjutnya masih berlangsung. Tugas-tugas komisioner KPU Maluku kini diambil alih KPU pusat. Namun saat kedatangan surat suara Pilpres dan DPD RI pada Selasa (12/3/2019) malam dan pembongkaran surat suara, Rabu (13/3/2019) tidak terlihat anggota KPU RI. (ADI)

Loading...

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *