Tiga Negeri di Kota Ambon Ini Kini Terhubung Jaringan Fiber Optik

by
Joy Adriaansz. FOTO : ISTIMEWA

TERASMALUKU.COM,-AMBON-Tiga negeri di kecamatan Leitimur Selatan,  kota Ambon yakni Naku, Ema dan Kilang telah terhubung jaringan fiber optik.

Pembangunan jaringan fiber optik kerja sama Pemerintah Kota (Pemkot) Ambon dengan PT Telkom Indonesia di wilayah Kecamatan Leitimur Selatan yang belum terkoneksi internet, kata  Kepala Dinas Kominfo dan Persandian kota Ambon, Joy Adriaansz, Jumat (7/5/2021).

Ia mengatakan, pembangunan jaringan fiber optik di tiga negeri telah terkoneksi pada akhir Maret 2021, sehingga masyarakat dapat memanfaatkan jaringan internet dan melakukan pelayanan secara daring.

Sedangkan, Negeri Hatalai, masih dalam proses pembangunan jaringan fiber optik, dan di targetkan akan selesai pada Desember 2021.

“Kami mengharapkan pada akhir 2021 semua negeri di Leitimur Selatan telah tersambung jaringan Internet, ” katanya.

Upaya tersebut terwujud atas kerja sama Pemkot Ambon, PT Telkom dan BAKTI Grup.

“Beberapa waktu lalu Pemkot Ambon melakukan pertemuan bersama pihak BAKTI Grup. Ini merupakan hasil pertemuan yang kami lakukan. Respon yang sangat baik dari BAKTI Grup dan PT. Telkom sehingga tidak membutuhkan waktu yang lama untuk merealisasikannya,” ujar Joy.

Dia mengakui, permasalahan tidak tersedia koneksi internet berbasis fiber optik yang selama ini dialami lima negeri tersebut dapat diatasi. Kedepan masyarakat dapat menikmati koneksi jaringan yang lebih stabil, sama seperti wilayah lain di Kota Ambon.

Kedepan pemerataan jaringan internet dilakukan Pemkot Ambon diharapkan dapat memberikan dampak positif bagi masyarakat.

“Pada 2021 tidak ada lagi daerah yang belum terkoneksi internet di Kota Ambon. Ini juga sebagai komitmen pemerintah dalam mendukung program belajar jarak jauh, sehingga seluruh anak di kota ini bisa belajar menggunakan jaringan internet,” tandas Joy.

Pewarta : Penina Fiolana Mayaut/Antara
Editor : Alex Sariwating