Tiga Orang Positif Usai Rapid Test Antigen Drive Thru di Ambon

by
Penumpang angkot ikut jalani rapid test antigen gratis. Hasilnya keluar setelah 30 menit setelahnya, (27/2). FOTO: Priska Birahy

TERASMALUKU.COM,AMBON, – Dari 357 waga yang jalani rapid test antigen drive thru, ada tiga (3) orang dinyatakan positif.

Mereka yang jalani rapid test antigen gratis di Lapangan Upacara Letkol Pol (Purn) CHR Tahapary, Ambon, Sabtu (27/2/2021) hasilnya langsung terlihat 30 menit setelahnya. Dari kegiatan yang diselenggrakan TK-PKK Provinsi Maluku sejak pukul 09.30-12.00 WIT itu kedapatan tiga orang positif.

Juru Bicara Vaksinasi Covid-19 Dinas Kesehatan Provinsi Maluku, dr. Adonia Rerung menyatakan mereka lantas dihubungi untuk kemudian dilakukan swab PCR.

“Kalau sudah ketahuan langsung kita hubungi arahkan untuk Swab. Memang hanya tiga tapi dari situ sudah bisa menyebar ke keluarga, atau penumpang lain misalnya,” terang dia.

Memang jumlah yang kedapatan positif tak banyak. Namun jika hasil akurat melalui PCR terbukti positif, ada kemungkinan tiga orang itu menyebarkan virus ke lingkungan terdekat. Semisal keluarga atau penumpang angkot.

Para nakes bekerja keras agar segera diambil tindakan cepat. Mereka yang terbukti positif, akan diarahkan untuk jalani isolasi mandiri di rumah.

Untuk semntara waktu orang yang jalani isolasi mandiri (isoman) tidak diperkenankan beraktifitas bersama anggota keluarga lain di rumah, ditempatkan di ruang terpisah termasuk tidak bekerja di luar ruang isolasi. (PRISKA BIRAHY)