Tiga Parpol Ini Sebut Pemilu 2019 Di Kota Tual Transparan

by
Anggota DPRD Kota Tual dari Partai NasDem, Ali Mardana

TERASMALUKU.COM,-TUAL- Tiga Partai Politik (Parpol) di Kota Tual yakni Partai Gerindra, NasDem, dan Partai  Demokrat menyatakan penyelenggaran Pemilu 2019 di wilayah tersebut berjalan baik.  Hingga kini rapat pleno rekapitulasi  di KPU  Kota Tual berjalan aman, transparan dan lancar.

Jacob Silubun, Ketua DPC Partai Gerindra Kota Tual

Jacob Silubun, Ketua DPC Partai Gerindra Kota Tual yang juga Ketua Komisi II DPRD Kota Tual mengungkapkan penyelenggaraan Pemilu sejauh ini dari penyelenggara sudah cukup bagus, transparan. “Saya bangga kepada pihak penyelenggara baik itu KPU Tual hingga jajarannya di bawah dan juga Bawaslu Kota Tual dan jajarannya, dari tahapan awal pelaksanaan Pemilu hingga saat ini kita ada dalam tahap pleno rekapitulasi tingkat KPU Kota Tual  berjalan dengan lancar,” kata Jacob, Sabtu (4/5/2019).

Menurutnya, ada upaya penggiringan dari kepentingan Parpol, namun pihaknya memberikan apresiasi KPU dan Bawaslu Tual karena masih berada pada rel ketentuan perundang-undangan yang mengatur tentang Pemilu. Terkait pengamanan Pemilu, menurut Jacob harus menjadi catatan penting bagi Indonesia, karena diperhadapkan dengan pelaksanaan Pemilu serentak.

Dimana menurut Jacob sangat penuh dengan kepentingan politik para politisi, tetapi juga merepotkan dari aspek pengamanan, maka konsep ini harus diperhatikan dan perlu di evaluasi oleh pemerintah. “Khusus untuk wilayah Kota Tual, kita patut mengapresiasi kinerja Polres Malra yang langsung mengamankan dua daerah baik Tual dan Kabupaten Malra sekaligus dengan jumlah personil yang terbatas, namun dua daerah ini kondisi keamanan tetatp terjaga dengan baik,” katanya.

Jacob mengakui saat ini masih ada dalam tahapan Pemilu, diserta tarik menaring kepentingan para politisi, namun sebagai pimpinan Partai Gerindra Tual ia mengharapkan agar semua pihak dapat menahan diri dan tetap menghormati proses yang sementara berjalan menunggu keputusan KPU Kota Tual.

“Selain itu, pentinggnya keamanan kita jaga bersama, karena saat ini kita sedang memasuki Bulan Suci Ramadhan sehingga kita semua harus ada dalam kondisi tenang, kita saling menjaga, saling menghormati, supaya bulan Ramadhan dapat dilaksanakan oleh umat muslim di daerah ini dengan baik dan membawa berkah dan sukacita bagi kita semua,” tutur Jacob.

Loading...

Sementara itu, anggota DPRD Kota Tual dari  Partai NasDem, Ali Mardana juga mengapresiasi penyelenggara Pemilu di Kota Tual. Ia mengakui dinamika yang terjadi pada setiap rapat pleno mulai dari tingkat desa hingga ke KPU Kota Tual hal biasa dalam berdemokrasi.

Wakil Ketua Partai Demokrat Kota Tual, Edy Hamzah Kabalmay

“Kalau saya melihat kondisi penyelenggaraan Pemilu yakni menuju pleno rekapitulasi tingkat KPU Kota Tual, pleno tingkat kecamatan, semuanya berjalan dengan lancar walaupun ada dinamika, namun itu hal biasa di dunia politik,” katanya.

Ali juga menyampaikan terima kasih kepada pihak penyelenggara dan juga aparat keamanan TNI/Polri atas lancarnya penyelenggaraan Pemilu di Kota Tual.“Saat ini kita ada dalam tahap pleno rekapitulasi tingkat Kota Tual sedang berjalan, namun saya yakin semuanya akan berjalan baik, aman dan lancar dengan profesionalisme kerja semua pihak baik KPU, Bawaslu, Kepolisian dan TNI, dan juga Parpol,” tandas Ali.

Sementara itu, Edy Hamzah Kabalmay, Wakil Ketua Partai Demokrat Kota Tual juga mengungkapkan pelaksanaan Pemilu berjalan aman dan lancar hingga kini di Kota Tual.”Kami Partai Demokrat dan saya pribadi mengucapkan terima kasih serta apresiasi yang tinggi kepada Kapolres dan jajarannya, Polres Malra dan Dandim 1503 dan jajarannya  yang telah berhasil menjaga situasi yang kondusif sehingga penyelenggaraan pemilu 2019  di Kota Tual  berjalan dengan lancar dan aman,” ungkap Edy.

Edy berharap tahapan pleno di tingkat KPU Kota Tual yang bertepatan dengan bulan suci Ramadhan agar semua pihak tetap menjaga kedamaian serta menjaga tali persaudaraan sebagai sesame warga Kota Tual. “Pemilu telah selesai dan tidak boleh melunturkan semangat persaudaraan  diantara kita sebagai anak negri hanya karena pilihan politik yang berbeda mari kita jadikan Pemilu 17 April 2019 sebagai ruang untuk mewudjukan Kota Tual menjadi kota yang beradat,beradab dan bermartabat,”kata Edy. (AS)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *