Tiga Pasien Covid-19 di Rumkital Ambon Dinyatakan Sembuh, Ini Penjelasan Komandan Lantamal

by
Komandan Lantamal IX Ambon Laksamana Pertama TNI Budi Purwanto (tengah) memberikan keterangan pers di Markas Lantamal Ambon, Senin (20/04 2020). FOTO : DISPEN LANTAMAL IX

TERASMALUKU.COM,-AMBON-Kabar gembira kembali datang untuk  warga Maluku. Tiga orang pasien COVID-19 yang dirawat di Rumah Sakit TNI AL (Rumkital) dr. F.X. Suhardjo Lantamal IX Halong Ambon dinyatakan sembuh. Komandan Lantamal IX Ambon Laksamana Pertama TNI Budi Purwanto menyampaikan hal ini dalam keterangan persnya di Markas Lantamal Ambon, Senin (20/04 2020).

Budi mengatakan ketiga pasien positif Covid-19 tersebut sudah melaksanakan pemeriksaan Polymerase Chain Reactioon (PCR) dan hasilnya menyatakan mereka negatif.  Tiga pasien tersebut dirawat di Rumkital dr. Fx Suharjo dengan pola perawatan yang maksimal dan monitoring khusus.

“Dalam perawatan kondisi ketiga pasien cukup baik dan stabil. Saya ucapkan selamat kepada para pasien yang sudah sembuh atas nama  Nona ER, 27 tahun, Nona NM 25 tahun  dan Tuan IS, 23 tahun,” kata Budi dalam siaran pers Dispen Lantamal IX Ambon yang diterima Terasmaluku.com.

Kepada para tenaga medis serta unsur pendukung, Budi menyampaikan terima kasih dan penghargaan setinggi-tingginya, karena sudah melaksanakan tugas dengan baik. “Pencapaian ini merupakan keberhasilan bersama, namun kita tetap harus alert. Harapan kami kepada seluruh masyarakat agar masing-masing individu tetap menjaga kesehatan dan melaksanakan semua aturan maupun himbauan yang diberikan oleh pemerintah ataupun tenaga medis,” ungkap Budi.

Budi juga menjelasan dengan kejadian ini hendaknya semua pihak mengambil hikmah, bahwa kita harus menjaga kesehatan diri dan kebersihan lingkungan. “Kepada seluruh individu agar tetap melaksanakan fhysical distancing serta tetap menggunakan masker untuk kebaikan kita bersama,” jelasnya.

Loading...

Disampaikan juga menurut Budi,  bentuk sinergitas bersama aparat keamanan dan instansi terkait TNI AL dalam hal ini Lantamal IX melaksanakan pengaman pelabuhan laut Yos Sudarso dan pelabuhan penyebrangan antar pulau di Ambon. “Lantamal IX Ambon juga menyiapkan dermaga khusus bagi pasien dengan gejala terindikasi Covid-19 dari luar pulau Ambon, baik yang dirujuk ke Rumkital F.X. Suhardjo Lantamal IX maupun rumah sakit rujukan lainnya di Kota Ambon,” kata Budi.

Sementara itu Kepala Rumkital dr. F.X. Suhardjo, Mayor Laut (K) dr. Satrio Sugiharto M,Sp.PD mengatakan untuk penanganan, perawatan dan pengobatan pasien Covid-19 ini dilaksanakan sesuai protolkol Persatuan Dokter Paru Indonesia (PDPI). Mengadopsi dari beberapa rumah sakit rujukan pusat yang menangani pasien Covid-19.

Untuk petugas medisnya diatur sedemikian rupa, sesuai dengan protokol dan kontak dengan pasien tidak lebih dari 6-8 jam. “Sehingga aturan untuk tenaga medis ini harus benar-benar dipedomani. Walaupun kita memiliki keterbatasan tenaga medis dan para medis, kami semaksimal mungkin untuk pelayanan dan pengobatan masyarakat Kota Ambon,” kata Satrio.

Saat jumpa pers ini, Komandan Lantamal Ambon didampingi Asisten Personel Danlantamal IX Ambon Kolonel Laut (S) Dede Suhendrawan,  Kepala Rumah Sakit TNI AL dr.F.X. Suhardjo, Mayor Laut (K) dr. Satrio Sugiharto M,Sp.PD dan Kapala Dinas kesehatan Lantamal IX Mayor Laut (K)Lukito Wardani, A.Md.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *