Tiga Pasien di Ruang Isolasi Membaik Dari Status PDP Turun Jadi ODP

by

TERASMALUKU.COM,AMBON, – Tiga pasien yang berada di ruang isolasi RSUD Dr. Haulussy Ambon dinyatakan mulai membaik. Satu pasien asal Bekasi yang lebih dulu masuk dan dua warga Jepang yang ‘ngamar’ pada 16 Maret 2020 pun menunjukkan kondisi kesehatan berangsur pulih.

Perkembangan kondisi ketiganya itu disampaikan secara resmi oleh Kepala Dinas Kesehatan Provinsi Maluku, Meikyal Pontoh dalam keterangan pers di Kantor Gubernur Maluku, Kamis (19/3/2020). “Tiga PDP (pasien dalam pengawasan) ini sekarang membaik. Dan gejala yang mengarah ke COVID menghilang. Dari segi kesehatan menurunkan lagi status mereka jadi ODP (orang dalam pantauan),” tegasnya.

BACA JUGA: https://terasmaluku.com/jejak-suami-istri-wna-jepang-yang-diisolasi-di-rsud-ambon/

Loading...

Sebelum itu kondisi mereka di ruang isolasi menunjukkan gejala-gejala menjurus ke COVID-19. Seperti flu, batuk, suhu tubuh naik dalam rentang waktu 14 hari. Namun menurut Meikyal, usai mendapat penanganan dan perawatan intensif tenaga medis, kondisi mereka berangsur membaik. Seperti suhu tubuh turun flu dan batuk mulai pulih.

Ketiga orang yang dirawat di ruang isolasi itu berstatus PDP atau pasien dalam pengawasan. Namun dengan kondisi kesehatan yang mulai membaik, Pontoh menyatakan status mereka diturunkan menjadi ODP atau orang dalam pantauan. Meski status kesehatan turun, namun hasil spesimennya belum keluar.

“Yang Bekasi itu spesimennya saja belum keluar. Kalau dua pasien ini baru dikirim. Tapi statusnya turun jadi ODP. Jadi sudah membaik mereka,” lanjut Pontoh.

Dia juga meminta masyarakat Maluku paham jika orang yang masuk ruang isolasi tidak lantas statusnya positif. Sambil menunggu hasil tes lab Jakarta, orang-orang dengan gejala serupa memang harus berada di ruang isolasi. (PRISKA BIRAHY)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *