Tiga Pesan Menko PMK Bangkit dari Covid-19 Saat Kunjungan ke Maluku

by
Menko PMK Muhadjir Effendy (tengah) saat jumpa pers di lobi kantor Gubernur Maluku, Senin (6/7/2020). FOTO: Terasmaluku.com

TERASMALUUKU.COM,AMBON,-Menteri Koordinator Bidang Pembangunan Manusia dan Kebudayaan (Menko PMK) Republik Indonesia, Muhadjir Effendy menyampaikan tiga pesan penting bagi Pemerintah Daerah Maluku bangkit melawan covid-19. Itu dia sampaikan saat kunjungan ke Ambon, Senin pagi (6/7/2020).

Terutama penerapan PSBB di Ambon membikin para pengusana kecil sampai besar tiarap. Untuk itu Muhadjir menegaskan untuk harus ada penanganan yang simultan di tiga hal untuk membangkitkan sektor ini kembali.

“Yang pertama covid itu sendiri yang bisa kita kendalikan, tundukan walaupun untuk 100 persen selesai itu butuh waktu. Paling tidak sampai tunggu vaksin. Tetapi kita tidak bisa tinggal diam tunggu di rumah sementara covid terus mengintai kita. Dan itu terus mengganggu kehidupan sosial dan ekonomi,” jelasnya saat jumpa pers di lobi Kantor Gubernur Maluku usai rapat koordinasi penanganan covid-19 dengan Gubernur Maluku, Gubernur Maluku Utara, Bupati dan Walikota se Maluku dan Malut yang dilakukan lewat video conference.

Loading...

Yang kedua yaitu jaring pengaman sosisial (social safety net) kemudian economic recovery. Muhadjir menyebut ketiga hal ini harus berjalan serempak. Terkait distribusi bantuan di Provinsi Maluku dirinya mengapresiasi kinerja pemerintah daerah untuk itu.

“Melalui bantuan pemerintah pusat ke provinsi, kota ke kabupaten berjalan baik jaring pengaman sosial. Sepanjang pengetahuan saya tidak ada masalah yang berarti,” lanjut dia.

Muhadjir juga berpesan agar usai ini ekonomi harus segara bangkit. Terutama upaya membangkitkan kembali ekonomi kecil dan mikro. Karena pasar adalah sentra supply chain rantai pasok ekonomi kecil.

Maka pasar ini harus benar-benar hidup tapi teteap perhatikan protocol. Agar tidak ada kluster baru lagi dari situ. Tapi tidak mungkin kita biarkan pasar trandisional mati.

Dalam kunjungan ke Ambon, Menko PMK Muhadjir bersama Menteri Kesehatan (Menkes) Terawan Putranto, Kepala BNPB Letjen TNI Doni Monardo, dan pimpinan Komisi VIII dan IX DPR-RI. Usai dari Ambon, rombongan melakukan kunjungan ke Ternate, Malut. (PRISKA BIRAHY)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *