Tiga Warga Ditangkap Terkait Bentrokan Hitu dan Wakal

by
Panser Anoa dari Denkav V Kodam 16 Pattimura masih disiagakan di perbatasan Hitu dan Wakal untuk mencegah bentrokan susulan. FOTO : IAN (TERASMALUKU.COM)

TERASMALUKU.COM,AMBON-Tim Buru Sergap (Buser) Direktorat Kriminal Umum (Dirkrimum) Polda Maluku dan Reskrim Polres Pulau Ambon, mengamankan tiga warga Desa Wakal terkait bentrokan antarwarga Wakal dan Desa Hitu Kecamatan Leihitu Maluku Tengah, yang terjadi Minggu (25/6).

Kabid Humas Polda Maluku AKBP Abner Richard Tatuh mengatakan, ketiga warga itu masing – masing berinisial BO (23), petani, SL (36) supir, dan HW (20) pedagang, diamankan dari desa mereka. Tatuh menyebutkan, polisi awalnya menangkap BO pada Senin (26/6), setelah itu menangkap SL dan HW pada Selasa (27/6) malam. Penangkapan SL dan HW atas pengembangan penyidikan dari BO.

“Hingga kini sudah ada tiga orang yang diamankan di Polres Pulau Ambon (terkait bentrokan warga)  dengan inisial BO, SL dan HW, mereka diambil dari Desa Wakal. BO diamankan pada Senin 26 Juni, sedangkan SL dan HW baru diamankan semalam (Selasa malam),” kata Tatuh saat dihubungi Terasmaluku.com, Rabu (28/6).

Loading...

Belum diketahui pasti peran mereka. Ketiganya masih menjalani pemeriksaan intensif di Mapolres Pulau Ambon. Untuk mencegah bentrokan susulan, hingga kini menurut Tatuh masih disiagakan 322 personil gabungan TNI dan Polri di perbatasan Desa Hitu dan Desa Wakal. TNI mengerahkan satu unit Panser Anoa dari Detasemen Kaveleri V Kodam 16 Pattimura, sedangkan Polda Maluku mengerahkan satu unit mobil barracuda. “Situasi di kedua desa yang terlibat bentrok saat ini sudah makin kondusif,” kata Tatuh.

Diberitakan sebelumnya, warga Hitu dan Wakal terlibat bentrokan pada Minggu (25/6),  bertepatan dengan  perayaan Hari Raya Idul Fitri 1438 Hijriah. Dalam bentrokan yang dipicu Lakalantas itu, tiga warga Desa Hitumessing  yakni Ismail Hurasan, Sulaiman Wailussi dan Ahmad Wailussi meninggal dunia. Ismail tertembak, sedangkan Sulaiman dan Ahmad  mengalami luka bacok. Satu rumah warga Desa Wakal di Dusun Oli juga dibakar warga keesokan harinya. (ADI)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *