Tim Data : Pasangan BAILEO Menang 46 Persen

by
Ketua DPW Partai NasDem Maluku Hamdani Laturua (tengah) bersama tim hukum Calon Gubernur dan Wakil Gubernur Maluku Murad Ismail-Barnabas Orno (BAILEO) memberikan keterangan pers terkait kemenangan pasangan ini di Pilgub 27 Juni 2018 yang berlangsung di Posko Pemenangan BAILEO kawasan Urumesing Ambon, Sabtu (30/6/2018). FOTO : ALFIAN SANUSI (TERASMALUKU.COM)

TERASMALUKU.COM,-AMBON-Ketua Devisi Data Pasangan Calon Gubernur dan Wakil Gubernur Maluku Murad Ismail-Barnabas Orno (BAILEO) Novert Hukun mengungkapkan berdasarkan data rekap manual yang dimilik oleh saksi, BAILEO  telah memenangkan Pilgub Maluku dengan perolehan 46 persen, berbeda jauh dengan dua pasangan calon Gubernur dan Wakil Gubernur lainnya.

“Kita merilis hasil kemenangan pasangan BAILEO 46 persen, Said Assagaff–Andareas Rentanubun (SANTUN) 28 persen dan pasangan Herman Koedoeboen-Abdullah Vanath (HEBAT) 26 persen. Ini agak tinggi bila dibandingkan dengan hitung cepat  sejumlah lembaga survei dengan angka 40 persen,” kata Novert kepada wartawan di Posko Pemenangan Baileo, Jalan Urmesing Kota Ambon, Sabtu (30/6/2018) sore.

Novert mengatakan, ada  data yang belum masuk dari tim data manual BAILEO Kabupaten Seram Bagian Timur (SBT), Kota Tual dan Kabupaten Maluku Tenggara (Malra).”Data ini juga pasti akan terkoreksi, namun tetap masih di angka 40 persen tidak beda jauh dengan hasil rekapitulasi di KPU nanti,” katanya.

Ia juga mengatakan, dari data yang masuk di tingkat kecamatan yang dimiliki tim BAILEO perolehan suara tidak mengalami perubahan sama sekali, meski perolehan suara itu diambil SANTUN dan HEBAT.”Sehingga dari data yang belum masuk saat ini pun bila diambil oleh dua pasangan calon lain, maka tidak akan mengalami perubahan terhadap kemenangan BAILEO,” ujarnya.

Novert menambahkan, pasangan BAILEO merilis kemenangan ini berdasarkan sistim data manual dari saksi-saksi  yang ditempatkan di 3.385 TPS seluruh Maluku. Hadir dalam jumpa pers ini, tim hukum BAILEO, dan dua pimpinan Parpol pengusung BAILEO yakni Ketua DPW Partai NasDem Maluku Hamdani Laturua dan Ketua DPD Partai Hanura Maluku Ayu Hasanussi. (IAN)