Tim Dokter Belanda Operasi 234 Pasien Urologi di RSUD Haulussy, Ambon Jadi Contoh Indonesia

by
Wakil Walikota Ambon, Sekot Ambon bersama tim dokter dari Vlissingen-Belanda barfoto usai memantau operasi gratis di RSUD dr Haulussy Ambon, Selasa (4/2/2020). FOTO : DISINFOKOM AMBON

TERASMALUKU.COM,-AMBON-Pemerintah Kota (Pemkot) Ambon bekerjasama dengan Tim Dokter dari Vlissingen-Belanda melakukan operasi Urologi secara gratis di RSUD Dr. M. Haulussy Ambon, Selasa (4/2/2020). Operasi tersebut merupakan bagian dari kerjasama Sister City antara Kota Ambon dengan Kota Vlissingen-Belanda, yang baru diperbaharui oleh kedua pihak pada akhir 2019 lalu.

Sebelum memulai serangkaian operasi Urologi tim dokter Vlissingen diterima oleh Wakil Walikota (Wawali) Ambon, Syarif Hadler, Sekretaris Kota Ambon, A.G. Latuheru, Plt. Direktur RSUD Haulussy, dr. Ritha Taihitu dan Ketua DPRD Kota Ambon, Elly Toisuta serta Komisi I DPRD Kota Ambon.

Wawali dalam sambutan selamat datangnya menjelaskan, program bakti sosial menurut Kementerian Kesehatan Republik Indonesia menjadi percontohan untuk daerah lain di Indonesia dalam hubungan kerjasama Sister City.“Hal itu disampaikan pihak Kementerian ketika Pemerintah Kota Ambon menemui Menteri Kesehatan beberapa waktu lalu di Jakarta, dalam rangka membicarakan proses izin operasi di Ambon,” kata Syarif.

Mewakili pemerintah dan masyarakat Kota Ambon, Wawali bersyukur terkait perizinan operasi tim dokter asing di Kota Ambon.“Kita Bersyukur karena semua proses berjalan dengan baik dan Kementerian Kesehatan memberi apresiasi kepada Pemerintah Kota Ambon terkait kerja sama Ambon dan Vlissingen,“ ujaranya.

Wawali juga mengatakan operasi gratis ini juga merupakan hasil lawatan ia bersama Walikota Ambon Richard Louhenapessy bersama pejabat terkait lainnya ke Kota Vlissingen-Belanda akhir 2019 lalu. “Operasi gratis ini hasil perjalanan kami ke Belanda untuk membangun kerjasama dengan Pemerintah Kota Vlissingen Belanda, dan saat ini banyak sekali warga bukan hanya Kota Ambon tapi juga asal daerah lainnya di Maluku mendapatkan operasi gratis,” kata Wawali.

Diketahui, Bakti Sosial Tim Dokter Vlissingen yang dilaksanakan saat ini menangani beberapa masalah kesehatan, antara lain, operasi bedah saluran kemih, operasi prostat, batu ginjal, batu saluran kemih, dan beberapa operasi lainnya. Operasi gratis ini direncanakan akan berlangsung hingga 14 Februari dengan jumlah pasien terdaftar 234 orang. Dimana 35 orang diantaranya berasal dari Maluku Tengah dan Seram Bagian Barat. (ALFIAN SANUSI)