Tim Sar Cari Seorang Nelayan Terjatuh di Laut Dobo

by
Foto : BASARNAS AMBON

TERASMALUKU.COM,-AMBON-Tim SAR gabungan dari Pos SAR Dobo, Kabupaten Kepulauan Aru, Maluku sedang mencari Rasmono (50), seorang ABK KM Makmur Mandiri yang dilaporkan terjatuh di sekitar perairan Pelabuhan Dobo pada Jumat (5/3) sekitar pukul 21:00 WIT.

“Korban dilaporkan terpeleset dan jatuh ke laut pada koordinat 05°45.390’ S – 134°14.637’ E di sekitar Perairan Pelabuhan Dobo,” kata Kepala Kantor Pertolongan dan Pencarian Basarnas Ambon, Mustari di Ambon, Sabtu (6/3/2021).

Menurut dia, korban diduga terpeleset dan terjatuh ke laut dan saat itu rekan ABK lainnya berupaya melakukan pencarian dengan menggunakan speedboat tetapi tidak membuahkan hasil.

“Awalnya kami menerima laporan dari Koordinator Unit Siaga SAR Dobo pada Sabtu, (6/3) sekitar pukul 11:00 WIT dan 30 menit kemudian tim SAR gabungan dikerahkan untuk melakukan upaya pencarian,” jelas Mustari.

Team rescue unit tiaga SAR Dobo menggunakan Sea Rider Milik TNI AL menuju LKP dalam kondisi cuaca berawan dengan embusan angin barat menuju barat laut berkecepatan 4-15 knots per jam, dan tinggi gelombang antara 1.25 meter hingga 2.50 meter.

Unsur SAR lainnya yang terlibat dalam operasi SAR adalah tiga anggota TNI AL, tiga anggota Polairud Dobo, ditambah enam orang nelayan setempat dengan menggunakan satu unit sea rider milik TNI-AL, satu unit speedboat Polairud, serta tiga unit long boat milik nelayan.