Tim Satgas Sulsel Akan Laksanakan Tes Atlet Hadapi PON XX/2021 di Papua

by
Tim Satgas PON Sulsel rapat koordinasi rencana pelaksanaan tes atlet untuk menghadapi PON XX 2021 di Papua.ANTARA/HO

TERASMALUKU.COM, Makassar– Satuan Tugas (Satgas) PON Sulsel akan melaksanakan tes atlet pada 9 hingga 11 Maret 2021 sebagai bagian persiapan sekaligus menjaga peluang meraih medali di PON XX/2021 Papua.

Prof Andi Ihsan dari Bidang Prestasi dan Monev Satgas PON Sulsel dalam keterangannya di Makassar, Selasa, mengatakan, beberapa item tes yang akan dilaksanakan di KONI Sulsel itu mencakup “Harvard test” yang fokus memantau kesehatan dan daya tahan para atlet.

Loading…

Tes ini akan menjadi indikator terdegradasi dan tidaknya seorang atlet. Juga dilaksanakan “explosive power test” yang mencakup tes vertikal dan tes horizontal.

Juga dilaksanakan tes fleksibilitas yang diharapkan membantu para pelatih memilih tes apa yang cocok disesuaikan dengan karakteristik cabang olahraga masing-masing.

Selain itu juga diberikan tes reaksi yang mencakup reaksi kaki dan reaksi tangan. Cabang-cabang olahraga bisa memilih salah satu tes jenis tes ini sesuai dengan karakteristik cabang olahraga dan boleh juga kedua-duanya.

Menurut Andi Ihsan, tes lain adalah tes kelincahan, yang mencakup satu model, yakni berupa “shutle run”. Jenis lainnya adalah tes koordinasi yang mencakup “hand coordination” (koordinasi tangan) dan “foot coordination” (koordinasi kaki).

Halaman Berikutnya…