Timnas U-23 belum terbiasa dengan pola 4-4-2 , demikian ungkap Shin Tae Yong

by

TERASMALUKU.COM – Pelatih tim nasional Indonesia Shin Tae-yong mengatakan para pemainnya, yang disiapkan untuk SEA Games 2021, belum terbiasa dengan formasi 4-4-2 meski mencatatkan dua kemenangan pada laga uji coba yaitu atas Tira Persikabo pada Jumat (5/3) dan Bali United, Minggu (7/3).

“Mereka belum beradaptasi dengan baik pada formasi 4-4-2,” ujar Shin setelah skuadnya menundukkan Bali United 3-1 di Stadion Madya Gelora Bung Karno, Jakarta, Minggu.

Timnas, pria asal Korea Selatan itu melanjutkan, harus bekerja keras agar fasih menjalankan strategi saat menggunakan 4-4-2.

Jika sudah fasih, kata Shin, timnas baru akan diberikan bekal formasi lain seperti 4-3-3 dan 3-5-2.

“Saya sudah membicarakannya dengan pemain. Kalau sudah beradaptasi baru kami akan menggunakan formasi lain,” tutur juru taktik timnas Korea Selatan di Piala Dunia 2018 itu.

Penyerang timnas Indonesia persiapan SEA Games Osvaldo Haay mengakui bahwa dirinya masih kesulitan dalam menerapkan taktik Shin di lapangan, terutama saat mengalirkan bola.

Pencetak gol terbanyak sepak bola putra SEA Games 2019 itu memang terbiasa bermain dengan pola 4-3-3 atau 4-2-3-1 di timnas, sebelum dilatih Shin Tae-yong, dan bertugas sebagai penyerang sayap atau penyerang tengah.

Pada era Shin, Osvaldo baru bermain saat melawan Bali United dan menjadi salah satu dari dua penyerang di lini depan.

“Saya masih banyak kekurangan, salah satunya masih lambat dalam mengalirkan bola ke kiri dan ke kanan,” tutur pesepak bola berusia 22 tahun itu.

Tim nasional Indonesia persiapan SEA Games 2021 meraih kemenangan kedua dalam laga uji coba setelah menaklukkan Bali United dengan skor 3-1 di Stadion Madya Gelora Bung Karno, Jakarta, Minggu.

Kushedya Yudo, Koko Ari dan Osvaldo Haay menjadi pencetak gol skuad Garuda dalam pertandingan tersebut, sementara skor Bali United diukir Lerby Eliandry. Sebelumnya, pada Jumat (5/3) timnas juga berhasil menang pada uji coba dengan menaklukkan Tira Persikabo dengan skor 2-0.

Dengan berlalunya dua laga itu, berakhir pulalah rangkaian pemusatan latihan (TC) SEA Games 2021 di Jakarta yang berlangsung sejak 8 Februari 2021. Berikutnya, para pemain timnas dipulangkan ke klub masing-masing untuk mempersiapkan diri menuju turnamen pramusim Piala Menpora 2021 yang dimulai 21 Maret. (AFN)