Tingkatkan Imun Tubuh, Pemkot Ambon Minta Warga Berjemur di Matahari Pagi

by
Syarif Hadler. FOTO : ALFIAN SANUSI

TERASMALUKU.COM,-AMBON-Pemerintah Kota (Pemkot) Ambon meminta masyarakat berjemur dibawah sinar matahari pagi pada pukul 10.00 WIT hingga 10.15 WIT. Hal tersebut disampaikan resmi lewat surat himbauan yang ditandatangani Walikota Ambon Nomor 443/2254/SETKOT tertanggal 28 Maret 2020.

Ketua Gugus Tugas Pencegahan dan Percepatan Penanganan Covid-19 Kota Ambon Syarif Hadler mengatakan, sinar matahari mengandung ultraviolet dan vitamin yang bermanfaat untuk tubuh. “Sinar matahari dipagi hari kaya akan vitamin D yang dibutuhkan tubuh untuk menjalankan fungsi metabolisme tubuh serta mampu meningkatkan imunitas tubuh dalam menangkal berbagai penyakit dari luar,” kata Syarif, Selasa (31/3/2020).

Loading...

Wakil Walikota Ambon ini mengatakan, permintaan ini tidak terlepas dari langkah untuk mencegah dan menghambat penyebaran COVID 19 di Kota Ambon. “Selain social distancing, dan membiasakan pola hidup bersih dan sehat, masyarakat juga harus diedukasi untuk menjaga daya tahan tubuhnya dengan memanfaatkan sinar matahari pagi, guna mencegah dan menghambat penyebaran COVID-19,” jelasnya.

Dalam surat tersebut, kata Syarif, masyarakat juga diminta untuk membuka pintu serta jendela pada pukul 09.00 hingga pukul 12.00 WIT. “Hal ini dimaksudkan agar pancaran sinar matahari yang merupakan anti virus alami yang diharapkan dapat membantu membunuh bakteri-bakteri yang ada dirumah,” ujarnya.

Dia menghimbau, masyarakat untuk tetap menjauhi kerumunan dengan berdiam diri dirumah, serta senantiasa berdoa memohon pengampunan serta perlindungan dari Tuhan dalam menghadapi dan melewati ancaman COVID 19. (ALFIAN SANUSI)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *