Tingkatkan Pelayanan, BPJS Kesehatan Gelar Monev KBKP Ambon  

by
Kepala BPJS Kesehatan Cabang Ambon, Afliana Latumakulita. FOTO : DOK. BPJS KESEHATAN AMBON

 

ADVETORIALUntuk meningkatkan mutu pelayanan kesehatan pada fasilitas kesehatan tingkat pertama (FKTP), BPJS Kesehatan telah menerapkan pembayaran kapitasi berbasis komitmen pelayanan (KBKP) yang telah dilaksanakan sejak Tahun 2016.

Kapitasi berbasis pemenuhan komitmen pelayanan adalah penyesuaian besaran tarif kapitasi berdasarkan hasil penilaian pencapaian indikator pelayanan kesehatan perseorangan yang disepakati berupa komitmen pelayanan Fasilitas Kesehatan Tingkat Pertama dalam rangka peningkatan mutu pelayanan kesehatan Fasilitas Kesehatan Tingkat Pertama dalam penyelenggaraan Jaminan Kesehatan Nasional.

Terkait hal tersebut BPJS Kesehatan Cabang Ambon menggelar kegiatan Monitoring Evaluasi (Monev) KBKP yang dilaksanakan di Puskesmas se-Kota Ambon sampai dengan Triwulan III Tahun 2017 di Hotel Amaris Ambon  (25/10).

Kepala BPJS Kesehatan Cabang Ambon, Afliana Latumakulita dalam sambutannya menerangkan, bahwa evaluasi ini bertujuan untuk mengevaluasi pelaksanaan KBKP di FKTP yang ada di Kota Ambon, demi mengetahui permasalahan yang dijumpai FKTP dalam Pelaksanaan KBKP. Evaluasi ini juga  mencari solusi untuk mengatasi permasalahan tersebut, meningkatkan peran Dinas Kesehatan Kota Ambon dalam melakukan pembinaan berkaitan pelaksanaan KBKP di FKTP, dan juga untuk meningkatkan komitmen dan kualitas Pelayanan Primer di FKTP se Kota Ambon.

Selanjutnya Afliana menyampaikan bahwa kualitas dan mutu pelayanan menjadi perhatian termasuk sarana prasarana serta sumber daya manusia yang akan menjadi bagian dari evaluasi serta menyampaikan terima kasih kepada seluruh kepala puskesmas untuk mengisi formulir melaksanakan Walk Trough Audit (WTA) untuk memastikan kualitas pelayanan yang diberikan oleh Puskesmas.

Materi yang disampaikan adalah pembahasan capaian indikator komitmen pelayanan sampai dengan September 2017 dan seberapa jauh komitmen pelayanan tersebut. Kegiatan dihadiri oleh Pihak Dinas Kesehatan, Kepala Puskesmas, Dokter puskesmas, dan tim peniliai KBKP se-Kota Ambon. (ADVETORIAL)