Tingkatkan Pelayanan Kesehatan, Pemkot Ambon Jalin Kerjasama Dengan Universitas Udayana

by
Walikota Ambon Richard Louhenapessy bersama dengan Dekan Fakultas Kedokteran Universitas Udayana, Prof I Ketut Suyasa melakukan penandatangan kerjasama, Selasa (22/6/2021). FOTO : MCAMBON

TERASMALUKU.COM,-AMBON-Pemerintah Kota (Pemkot) Ambon menjalin kerjasama dengan Fakultas Kedokteran, Program Studi Kesehatan Mata, Universitas Udayana Bali, Selasa (22/6/2021).

Penandatanganan kerjasama ini dilakukan oleh Walikota Ambon Richard Louhenapessy bersama dengan Dekan Fakultas Kedokteran Universitas Udayana, Prof I Ketut Suyasa.

Walikota berharap kerjasama ini dapat meningkatkan sumber daya manusia di bidang kesehatan, khususnya dokter spesialis poli mata di Kota Ambon. Sehingga nantinya kata Walikota, Kota Ambon tidak kekurangan atau kesulitan dokter spesialis mata pada Balai Kesehatan Kota Ambon.

“Kerjasama ini akan sangat membantu dan memudahkan putra-putri terbaik kita yang ingin meningkatkan pendidikan mereka sebagai dokter spesialis mata. Mereka akan dibantu dengan bimbingan belajar dan mungkin saja modul-modul yang diberikan para dokter Universitas Udayana sebelum mereka tes,” katanya.

Richard mengaku, selama ini tiap tahunnya Pemkot Ambon bekerjasama dengan Pemerintah Vlisingen di Belanda, melakukan bakti sosial, mulai dari operasi bibir sumbing, Urologi hingga operasi katarak.

“Problem kita, banyak warga yang datang sebagai pasien dalam bakti sosial itu, berasal dari kabupaten-kabupaten terdekat. Dan ini saya tidak bisa melarang atau menolak mereka, karena ini soal kemanusiaan. Ini problem kita,” kata Richard.

Dia menambahkan, dengan penandatanganan kerjasama ini, Pemkot Ambon berharap dokter-dokter dari Fakultas Kedokteran Universitas Udayana bisa datang secara berkala, membantu pelayanan kesehatan khususnya poli mata, kepada warga dan masyarakat kota Ambon yang membutuhkan.

“Selama ini, Balai Kesehatan mata kita, hanya ditangani oleh satu dokter spesialis, dan tiga dokter yang baru saja di angkat. Dengan kerjasama ini, Fakultas kedokteran khususnya prodi mata Universitas Udayana, bisa mengirimkan dokter-dokter mereka, membantu dan melayani warga kota Ambon, yang membutuhkan perawatan dan penanganan mata,” tandas Walikota.

Sementara Dekan Fakultas Kedokteran Universitas Udayana, Prof.I Ketut Suyasa menyambut baik penandatanganan ini.

Menurut dia, Universitas Udayana dalam hal ini Prodi Mata, terbuka dan membuka diri kepada siapa saja termasuk kota Ambon yang ingin meningkatkan pelayanan kesehatan mata.

“Saya menyambut baik kerjasama ini, karena ini bagian dari pengabdian kepada bangsa dan negara,” kata Suyasa.

Dia menjelaskan, Prodi Mata Universitas Udayana, banyak melakukan kerjasama lintas provinsi serta Kabupaten dan juga hingga ke mancanegara.

Antara lain kabupaten Maumere di Papua, Mamuju di Sulsel, dan sejumlah daerah lainnya di tanah air, serta juga kerjasama dengan Provinsi Hawai di Amerika, dan juga Australia.

“Saya berharap, bukan saja kerjasama dengan Fakultas Kedokteran dalam hal ini Prodi mata, tetapi bisa juga dengan Fakultas-fakultas lain di Universitas Udayana,” harap Suyasa. (ALFIAN)