Tingkatkan Sistim Keamanan Informasi, Pemkot Ambon Gelar Bimtek

by
Sekota Ambon, A.G. Latuheru didampingi Kepala Dinas Komunikasi Informatika dan Persandian Kota Ambon Joy Adriaansz saat membuka Bimtek tata kelola statistik Sektoral, Selasa (21/5/2019). FOTO : MCAMBON

TERASMALUKU.COM,-AMBON-Pemerintah Kota (Pemkot) Ambon menggelar Bimbingan teknis tata kelola statistik Sektoral serta implementasi sertifikasi elektronik guna keamanan data dan informasi publik di Hotel Pasifik Ambon, Selasa (21/5/2019).

Kegiatan tersebut dilakukan karena Ambon sebagai Smart City identik dengan pemanfaatan teknologi dengan penggunaan aplikasi yang ada, akan sangat rentan terhadap serangan hacker yang merusak aplikasi. Sehingga berdampak pada terganggunya penyebaran informasi terhadap masyarakat di Kota Ambon.

Sekretari Kota Ambon A.G Latuheru dalam sambutannya mengatakan, Bimtek ini bertujuan untuk meningkatkan kapasitas sumberdaya aparatur Pemkot Ambon dalam menyediakan data atau informasi yang terukur, dengan memperhatikan sistim keamanan informasi.

“Disadari bahwa dinamika dan tuntutan masyarakat terhadap akses informasi sebagai bagian dari pengawasan publik terhadap kinerja penyelenggara pemerintahan bagia setiap perangkat daerah,” katanya.

Namun, kata Latuheru, terkadang informasi lewat aplikasi yang disajikan sering diserang oleh komunitas tertentu untuk melakukan kejahatan. “Olehnya itu, perlu penanganan serius dalam menangkal serangan-serangan hacker ini lewat peningkatan sistim keamanan informasi dan data, serta peningkatan sumber daya manusia yang mampu menangani serangan tersebut,” ujarnya.

Sekot juga mengaku, kegiatan ini memiliki manfaat yang strategis yakni dapat mengetahui mekanisme tata kelola layanan data dan informasi berdasarkan ukuran-ukuran yang bersifat statistik.

Dia berharap, para peserta dapat mengikuti kegiatan ini dengan baik, agar kedepannya aparatur perangkat daerah dalam memberikan pelayanan dapat menjalankan fungsinya secara maksimal. (ALFIAN)

loading...

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *