Tinjau Pilgub, Wakil Ketua DPD RI Temukan Rendahnya Pemilih di Kota Ambon

by
Wakil Ketua DPD RI Nono Sampono memberikan keterangan pers saat memantau proses Pilgub Maluku, Rabu (27/6/2018). FOTO : ALFIAN (TERASMALUKU.COM)

TERASMALUKU.COM,-AMBON-Wakil Ketua Dewan Perwakilan Daerah (DPD) RI Nono Sampono memantau langsung proses Pemilihan Gubernur dan Wakil Gubernur (Pilgub) Maluku di enam Tempat Pemungutan Suara (TPS) di Kota Ambon, Rabu (27/6/2018). Nono memantau sejumlah TPS, termasuk TPS 1 Kelurahan Tihu Kecamatan Teluk Ambon, lokasi pencoblosan Calon Gubernur Murad Ismail.

Secara umum Nono Sampono menemukan antuasia masyarakat untuk menyalurkan hak pilihnya masih terbilang cukup rendah. Hanya berkisar antara 63 sampai 67 persen.”Dalam pantauan tadi saya temukan antusias pemilih gubernur Maluku ini masih rendah berkisar 63 persen,” kata Nono.

Hal tersebut, kata dia, diakibatkan banyaknya pemilih yang tidak menerima undangan dari KPU selaku penyelenggara Pemilihan Gubernur dan Wakil Gubernur Maluku.”Orang Maluku ini kalau tidak dikasih undangan pasti kecewa. Kita harus tau itu. Yang kedua adalah pemilih baru,” katanya.

Namun, dirinya sangat mengapresiasi, pemilih yang tetap datang ke TPS dengan berbekal Elektronik Kartu Tanda Penduduk (e-KTP) meski tidak mendapatkan undangan. Di lain sisi, dia menilai, pagelaran olahraga Piala Dunia ini juga turut memperpanjang daftar Golongan Putih (Golput) bagi masyarakat. “Ini juga karena nonton bola sampai pagi. Apalagi kondisi Kota Ambon juga hujan dari pagi,” katanya.(IAN)