Tipu Warga Puluhan Juta, TNI Gadungan Ini Ditangkap Di Wainitu

by
Ricardo Ricardo Likipeuw, TNI gadungan. FOTO : ISTIMEWA

TERASMALUKU.COM,-AMBON- Tim gabungan dari Detasemen Inteljen Kodam 16 Pattimura, Intel Korem 151/Binaiya dan Unit Intel Kodim 1504/Ambon menangkap seorang tentara gadungan di kawasan OSM, Kelurahan Wainitu, Kecamatan Nusaniwe Kota Ambon, Selasa (10/3/2020). Tentara gadungan tersebut diketahui bernama Ricardo Ricardo Likipeuw (22).

Kepala Penerangan Kodam (Kapendam) 16 Pattimura Kolonel Inf Jansen Simanjuntak di Ambon, Rabu (11/3/2020) mengatakan dari hasil interogasi Ricardo Likipeuw, ia mengaku sebagai anggota Korem 151/Bianiya, dan berhasil menipu sejumlah orang.

Simanjuntak mengatakan, berdasarkan keterangan Tinus Luturmas, orang tua calon siswa, pada 20 November 2019, Ricardo datang bersama pacarnya untuk liburan di kampung halamannya di Desa Tutukembung, Kecamatan Nurinmas, Kabupaten Kepulauan Tanimbar.

Loading...

“Selama berada disana (Tanimbar) dia bilang kepada keluarga di sana kalau dia bisa membantu meloloskan peserta test menjadi anggota TNI, tapi harus menyiapkan uang sebanyak 85 juta,” kata Simanjuntak.

Namun karena berat dengan biaya tersebut, korban meminta untuk dikurangi,  sehingga tentara gadungan tersebut meminta mahar sebanyak 65 juta agar bisa lolos menjadi anggota TNI. Saat tiba di Ambon, Ricardo meminta korban mengirimkan uang sebagai tanda awal sebesar Rp 30 juta.

“Namun Bapak Tinus hanya mengirimkan uang sebesar 5 juta ke rekening BRI milik Ibu Elsye Tahalea, dan menjelang 1 Minggu tes, saudara Ricardo kembali meminta uang dari Tinus sebesar 25 juta,” ujarnya.

Simanjuntak menambahkan pelaku sudah diserahkan oleh Pomdam 16 Pattimura ke Polresta Ambon untuk proses hukum selanjutnya. (ALFIAN SANUSI)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *