TMMD Kodim 1502/Masohi Mulai Digelar, Sasarannya Daerah Terpencil

by

TERASMALUKU.COM,MASOHI- Program TMMD ke 112 Kodim 1502/Masohi resmi dibuka oleh Wakil Bupati Maluku Tengah (Malteng) Marlatu L.Leleury di Aula Makodim 1501/Masohi, Rabu (15/9/2021).

Program TNI Manunggal Membangun Desa (TMMD) di Kodim Masohi ini bertemakan, TMMD WUJUD SINERGI MEMBANGUN NEGERI.

Pada pembukaan ini, Wakil Bupati Malteng bersama Dandim 1502/Masohi Letkol Inf. SN. Wikrama menandatangani berita acara kegiatan TMMD.

Kegiatan TMMD ke 112  difokuskan di Desa Mulumet dengan UPTD seti Bakti dan Desa Sari Puti Kecamatan Seram Utara Timur Seti Kabupaten Malteng.

Dandim mengatakan, salah satu peran TNI dalam mendukung pembangunan adalah turut serta pada kegiatan TMMD ke 112  Tahun 2021 yang berlangsung selama 30 hari, mulai 15 September hingga 14 Oktober 2021.

“Selain mewujudkan kemanunggalan TNI dengan rakyat, TMMD juga merupakan wahana untuk menggelorakan kembali semangat gotong royong, rasa cinta tanah air, wawasan kebangsaan, serta ketahanan nasional,” kata Dandim.

Dandim menyebutkan, pada kegiatan TMMD tahun ini, dikerahkan 50 Satgas TMMD yang didukung dinas terkait di Kabupaten Malteng, termasuk aparat kepolisian dan organisasi kepemudaan, Menwa dan FKPPI.

“Guna mencapai sasaran sasaran fisik, kita berupaya menjawab masalah masalah infrastruktur jalan di desa desa terpencil atau terisolir, masalah fasilitas umum serta rendahnya kualitas hidup masyarkat. Untuk itu TMMD kali ini, kita berencana mewujudkan program rehabilitasi 30 unit rumah tidak layak huni dan pembuatan jalan tani sepanjang kurang lebih 2 km. Sedangkan nonfisik berupa penuyuluhan tentang wawasan kebangsaan, kesehatan dan pertanian,” ungkap Dandim.

Sementara itu Wakil Bupati Malteng, Marlatu L. Leleury mengapresiasi kegiatan TMMD di wilayahnya. Kegiatan TMMD kata Marlatu, dapat bersama sama bergotong royong untuk membangun desa dan membangun kebersamaan diantara masyarakat,  TNI dan Pemda.

Marlatu mengatakan, TMMD adalah salah satu pemberdayaan masyarakat yang sinergi dengan program-program pemerintah pusat maupun pemerintah daerah.

“Mari kita meningkatkan momentum TMMD ke-112 ini, untuk meningkatkan sinergi, kesadaran kita bersama untuk selalu menghidupkan budaya MASOHI, mempererat tali persaudaraan, merajut kebersamaan dan persatuan, meningkatkan karya, inovasi dan prestasi demi lebih maju, mewujudkan Maluku Tengah yang Sejahtera dan Berkeadilan dalam Semangat Hidup orang basudara,” kata Marlatu.(ALFIAN)