Anggota TNI Evakuasi Warga Terjebak Banjir Ahuru

Anggota TNI Evakuasi Warga Terjebak Banjir Ahuru

SHARE
Serda Aswar Yudha mengevakuasi seorang anak dari dalam rumahnya yang terjebak banjir di kawasan Ahuru Kecamatan Sirimau Kota Ambon, Jumat (29/6/2018). FOTO : PENREM 151/BINAIYA

TERASMALUKU.COM,-AMBON-Hujan deras yang mengguyur Kota Ambon dalam dua hari terakhir menyebabkan debit air sungai Ahuru meluap, Jumat (29/6/2018) pagi. Kondisi ini menyebabkan tanggul sungai jebol mengakibatkan air sungai meluap ke permukiman warga di kawasan Ahuru Kecamatan Sirimau Kota Ambon.

Luapan air sungai telah menyebabkan banjir. Lebih dari 30 rumah warga terendam banjir dan masuk ke rumah warga hingga setinggi pinggang orang dewasa. Melihat hal tersebut Danpos Satgas Yonif RK 732/Banau Kolakops Rem 151/Binaiya Serda Aswar Yudha sigap.

Serda Aswar Yudha kemudian membantu evakuasi warga terutama anak-anak kecil dari dalam rumah mereka yang terjebak banjir. Anak-anak korban banjir kemudian diamankan tak jauh dari lokasi banjir.

“Ini tanggungjawab kami untuk menyelamatkan warga yang terjebak banjir di dalam rumah mereka. Apa yang kami lakukan ini ikhlas, warga sangat membutuhkan bantuan kami dari musibah yang mereka alami,” tutur Serda Yudha.

Ia berharap warga yang terkena banjir dapat mengutamakan keselamatan jiwa terlebih dahulu dan mengungsi ke tempat yang telah disediakan sambil menunggu bantuan. Selain banjir di Ahuru, hujan deras juga menyebabkan sejumlah kawasan di Kota Ambon tergenang air serta tanah longsor. Namun, Jumat sore banjir sudah surut setelah hujan redah. (ADV)