TNI/Polri Mulai Latihan Upacara HUT RI di Lapangan Merdeka Ambon

by
Latihan Upacara HUT RI di Lapangan Merdeka Ambon Sabtu (13/8).

AMBON-Empat hari jelang  Hari Kemerdekaan RI ke 71  pada Rabu 17 Agustus, aparat TNI/Polri, PNS serta Satuan Polisi Pamong Praja mulai Sabtu (13/8) menggelar latihan upacara peringatan  HUT  RI  di lapangan Merdeka Ambon.

Latihan ini diikuti seluruh peserta upacara termasuk ratusan siswa – siswi peserta paduan suara. Sesi latihan kali ini masih gladi kotor penaikan dan penurunan Bendera Merah Putih oleh Pasukan Pengibar Bendera Pusaka (Paskibraka) Provinsi Maluku.

Bertindak selaku komandan upacara peringatan HUT RI di Lapangan Merdeka Ambon nanti adalah Komandan Batalyon Marinir Lantamal  IX Ambon, Letkol Marinir Trio Frederansil Sumantri. Sedangkan  sebagai pemimpin upacara dalam penurunan bendera adalah seorang perwira Polda Maluku berpangkat AKBP.

Dalam latihan ini, pasukan TNI/Polri dan peserta upacara lainnya menjalankan secara bertanggungjawab. Begitu juga dengan  Pasikbaraka, tidak terjadi kesalahan dalam latihan ini.Para siswa-siswi paduan suara juga menyanyikan  lagu-lagu perjuangan termasuk lagu khas Maluku.

“Secara umum gladi kotor  upacara  sudah bagus, tidak terjadi kesalahan, tapi latihan terus dilakukan hingga  sehari jelang HUT RI,” kata seorang perwira Kodam 16 Pattimura yang mengawasi latihan ini.

Gladi kotor upacara HUT RI ini dipantau langsung Penjabat Walikota Ambon Frans  Papilaya bersama Sekot Ambon, A.G. Latuheru. Papilaja juga memberikan pengarahan kepada 54 Paskibraka Maluku yang akan bertugas saat Upacara HUT RI 17 Agustus nanti. ADI