Total Denda Yustisi Rp. 230 Juta Masuk Kas Daerah

by
Yustisi malam selama PSBB di Kota Ambon. FOTO: Dok. Terasmaluku.com

TERASMALUKU.COM,AMBON, – Pemerintah Kota Ambon mendapatkan sebanyak 320 juta dari hasil denda selama operasi yustisi di Kota Ambon. Hasil tersebut langsung dimasukan ke kas daerah agar dapat dimanfaatkan untuk kepentingan penanganan covid-19 di kota Ambon.

“Total yang disetor selama operasi yustisi sampai saat ini 230 juta,” kata Kabag Hukum Pemkot Ambon John Slarmanat kepada wartawan di Balai Kota Ambon, Rabu (27/1/2021).

Menurut dia, Pemkot Ambon tidak mengejar nominal dari denda yang diberikan oleh para pelanggar, namun denda yang diberikan itu bertujuan untuk meningkatkan kesadaran dari masyarakat kota Ambon agar patuh untuk meningkatkan kesadaran masyarakat kota Ambon.

“Bukan nominal yang dikejar, tetapi denda ini menjadi instrumen untuk meningkatkan kesadaran, Jika pelanggaran berulang maka denda akan dinaikan,” katanya.

Dia mengatakan, jika hal tersebut dilakukan untuk memberikan efek jera kepada masyarakat agar bisa disiplin untuk menerapkan protokol kesehatan.

Selain Pelanggaran admistrasi dan denda, lanjut Jhon, sesuai dengan aturan Walikota Ambon nomor 36 tahun 2020, masyakarat yang keluar tidak memakai masker langsung di rapid ditempat.

“Total Pelanggaran hingga saat ini sudah sebanyak 1800 pelanggar mencakup delapan bidang termaksud moda transportasi dan perorangan,” ujar dia. (ALFIAN SANUSI)