Tradisi Antar Dulang 7 Syawal di Telaga Piru Menjadi Icon SBB

by
Warga menyambut Bupati SBB M. Yasin Payapo dan rombongan yang menghadiri Tradisi Antar Dulang 7 Syawal di Dusun Talaga Piru, Rabu (12/6/2019). FOTO : FADLI

TERASMALUKU.COM,-PIRU-Warga Dusun Talaga Piru Desa Piru Kecamatan Seram Barat, Kabupaten Seram Bagian Barat (SBB) menggelar tradisi  “Antar Dulang”pada Rabu (12/6/2019).

Tradisi tujuh Syawal atau Lebaran hari ketujuh ini dihadiri Bupati SBB Muhammad Yasin Payapo. Kedatangan rombongan Bupati disambut meriah warga setempat. Warga Talaga Piru menyambut Bupati yang didampingi istrinya dengan tarian adat.

Bupati SBB menghadiri Tradisi Antar Dulang di Telaga Piru

Dalam tradisi ini, warga mengantar dulang-dulang berisi makanan ke masjid setempat. Bupati juga mengunjungi dulang-dulang yang akan diantar warga ke masjid. Provinsi Maluku menurut Bupati merupakan daerah yang kaya adat istiadat dari berbagai potensi. Diantaranya perayaan budaya antar dulang di Dusun Telaga Piru ini setiap 7 Syawal.

Tradisi ini tidak hanya disaksikan warga Dusun Talaga Piru, tapi juga warga dari daerah lainnya. “Acara ini bukan hanya disaksikan masyarakat Talaga Piru, tapi juga masyarakat SBB lainnya bahkan ada warga dari daerah lainnya di  Maluku ikut menyaksikan acara ini,” kata ujar Bupati.

loading...

Bupati mengatakan Budaya Antar Dulang ini menjadi icon daerah yang harus terus dipromosikan sehingga bisa menjadi daya tarik kunjungan wisatawan ke SBB.

“Budaya Antar Dulang Dusun Talaga Piru ini merupakan icon daerah yang akan terus dipromosikan hingga menjadi perhatian wisatawan baik lokal maupun manca negara, sehingga dapat menarik kunjungan wisatan terutama saat acara ini berlangsung tiap tahunnya,” kata Bupati. (FADLI)

Loading...

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *