Trik Pejalan Kaki Bertahan Agar Tidak ‘Talucu’ di Jalur Pedestrian

by
Tangkapan layar video ungguhan pada cerita instagram warganet yang menunjukkan pejalan kaki yang berjalan di atas guiding block disabilities demi tidak talucu atau terpeleset, (19/5).

TERASMALUKU.COM,AMBON, – Kini warga Kota Ambon punya cara baru bertahan saat berjalan di jalur pedestrian berbahan keramik garapan Dinas PU Provinsi Maluku. Yakni dengan berjalan pada guiding block bergaris yang diperuntukkan bagi orang disabilitas.

Pada salah satu unggahan warganet di story Instagram terlihat sekumpulan anak muda berjalan berjajar mengikuti guiding block di jalur pedestrian jembatan PU menuju Terminal Mardika.

Dalam unggahan video tersebut mereka berjalan dengan sangat hati-hati mengikuti arah guiding block tersebut. Para pemuda ini seperti mengindari berjalan di atas jalur umum yang dipasangi dengan keramik warna warni.

Dalam wawancara dengan sejumlah wartawan di ruangannya pada 16 Maret 2021, Sekretaris Dinas PU Provinsi Maluku, Afandi Hasanusi meyakinkan jika keramik atau ubin itu berbahan khusus dan antislip.

“Material yang digunakan untuk trotoar itu sendiri adalah itu bukan hanya sekedar keramik biasa. Dari sisi kualitas dan ketahanan, spesifikasi dari keramik itu sendiri yakni anti selip,” klaimnya saat itu.

Namun kenyataan berkata lain. Tak sedikit warga dan pengguna jalan yang jatuh, terpeleset, tersandung di situ. ada yang alami memar, keseleo, luka ringgan hingga retak di pergelangan tangan. Itu semua lantas diunggah pada media sosial pribadi lalu dibagikan sejumlah akun media sosial.

BACA SELANJUTNYA