Tual Dapat  Satu Kapal Penumpang Dari Kemenhub

by
Kepala Kantor UPP Kelas II Tual Arifai

TERASMALUKU.COM,-TUAL– Kepala Kantor Unit Pelaksana Pelabuhan (UPP) Kelas II  Tual Arifai menyatakan, Kota Tual mendapat jatah satu kapal penumpang dan barang  berbobot  35 GT.

Jatah kapal itu diperoleh Pemkot Tual, setelah Arifai dan Kepala Dinas Perhubungan Kota Tual berkoordinasi dengan  Direktorat Lalu Lintas Angkutan Laut Ditjen Kementerian Perhubungan RI  (Kemenhub) belum lama ini.

“Hasil koordinasi kami, Dinas Perhubungan bersama  Direktorat Lalu Lintas Laut Ditjen Kemenhub,  Kota Tual dapat jatah satu kapal dengan bobot  35 GT,” kata  Arifai kepada wartawan, Sabtu (26/8).

Ia menyatakan, kapal tersebut saat  ini dalam proses pembuatan. Dan dijadwalkan penyerahan kapal ke Pemkot Tual akan berlangsung awal Februari 2018 mendatang.  Arifai menyatakan, kapal tersebut dapat menampung 24 penumpang  dan 10 ton barang.

Kapal  dilengkapi fasilitas navigasi  yang lengkap, sehingga dapat membantu aktivitas perhubungan laut di Kota Tual. “Kita patut bersyukur karena dari 24 kapal jenis yang sama, bantuan Kementerian Perhubungan, Kota  Tual kebagian satu kapal itu,” kata  Arifai.

Menurut Arifai, setelah diserahkan kepada Pemkot   Tual, kapal itu  mutlak menjadi milik Kota Tual. Ia mengharapkan Pemkot dapat memanfaatkan kapal tesebut dengan baik dan benar-benar untuk keperluan masyarakat di pulau-pulau.

“Operasional kapal tersebut dikelola oleh Pemkot, pihak syahbandar hanya melihat teknis kapal tersebut. Diharapkan kapal ini  dapat  membantu pemerintah daerah mengatasi kebutuhan transportasi perhubungan laut,” katanya. (AS)