Enam Jam Pengerjaan, Listrik Desa Tenga-Tenga Kembali Nyala

by
Pengerjaan tujuh tiang listrik yang sempat roboh akibat longsor di jalan menuju Desa Tenga-Tenga (14/10/2019). FOTO: Dok. PLN

TERASMALUKU.COM,AMBON,  –  Jalan dan sambungan listrik di Desa Tenga-tenga yang sempat terputus kembali normal. Usai pembersihan dan pemasangan tiang-tiang, warga desa kembali menikmati listrik seperti sedia kala.

Jalan satu-satunya menuju Desa Tenga-Tenga Kecamatan Salahutu, Kabupaten Maluku Tengah yang sempat terputus akibat longsor, siang tadi dituntaskan oleh Dinas Pekerjaan Umum.

Bebatuan juga sisa material longsor yang menutupi jalan selebar sekitar 5 meter itu dibersihkan oleh sejumlah petugas. Usai itu pengerjaan dilanjutkan dnegan pemasangan tiang listrik yang roboh tertimpa tanah dan batu.

Manager Komunikasi PT. PLN Unit Induk Wilayah Maluku dan Maluku Utara, Ramli Malawat menjelaskan selama sepekan sebagian desa terisolasi dan tidak dialiri listrik. Pasalnya pengerjaan baru bisa dilakukan jika ada pengangkatan material yang menutupi badan jalan.

“Tadi dinas PU bersihkan longsor dan sekaligus PLN melakukan pekerjaan 7 tiang roboh dan pemasangan kawat dan isolator,” jelasnya kepada wartawan sore (14/10/2019).

Pengerjaan jaringan listrik darurat itu memakan waktu enam jam. Ramli menyebut, listrik yang dialirkan ke permukiman warga Tenga-Tenga yakni sebesar TM 20 Kv. Kini seluruh warga sudah bisa menikmati suasana terang seperti sebelumnya.

Sebelumnya akibat longsor, aktifitas dari dan ke desa amat terganggu. Gempa susulan magnitudo 3,6 pada 7 Oktober lalu meruntuhkan material tanah dan bebatuan ke jalan dan mengenai tiang listrik. Jalan menuju desa praktis terputus, berikut arus listriknya. (PRISKA BIRAHY)