Tukar Sampah Dengan Hadiah di Peringatan Hari Peduli Sampah

by
Marsya Talahaturuson, salah satu nasabah Beta Bank Sampah Hative Besar datang menukar poin sambil menentang sampah hasil pungut di sekitar rumah, (24/2). FOTO: Priska Birahy

TERASMALUKU.COM,AMBON, – Peringatan Hari Peduli Sampah (HPS) 2021 dirayakan istimewa oleh puluhan anak nasabah Beta Bank Sampah di Hative Besar, Kecamatan Teluk Ambon, Kota Ambon. Mereka datang ke markas bank sampah dengan membawa masing-masing satu kantong sampah. Dari ukuran kecil hingga besar.

Sore itu di rumah pendiri Beta Bank Sampah, George Manuhua, belasan anak datang untuk menukarkan poin sambil menentang sampah. Caranya sampah yang mereka kumpulkan itu akan dihitung jumlahnya lalu diberikan reward.

Nasabah Beta Bank Sampah menyetor sampah untuk ditukar dengan poin pada acara Tukar Poin Sampah peringatan Hari Peduli Sampah

Geroge atau yang akrab disapa Jo menyebut, ini sebagai caranya mengapresiasi bocah-bocah nasabah bank sampah yang bertahan sejak 2018 hingga saat ini. Jumlah nasabahnya kini ada 28 anak. Mulai dari SD kelas III hingga usia SMP.

“Ini cara beta apresiasi adik-adik dong. Sampahnya itu akan katong tukar dengan poin lalu kasih mereka hadiah,” jelasnya saat kegiatan Tukar Poin Sampah Rabu sore, (24/2/2021).

Sampah-sampah yang dia terima dari 28 nasabah cilik itu tidak ditakar dalam satuan kilogram. Jenis sampahnya yaitu saset. Seperti sabun, deterjen, makanan ringan, permen, kantong plastik, susu bubuk, dan plastik coklat.

Hasilnya mereka setor. Jo, menerapkan sistem hitungan perlembar. Yang paling banyak sampah, tentu yang paling besar poin yang dapat mereka tukar.

George Manuhua, pendiri Beta Bank Sampah membawakan permainan seputar pengetahuan tentang sampah kepada para nasabah

“Beta siapkan hadiah-hadiah seperti buku, tumbler buat kebutuhan mereka. Ada juga yang hasil setor sampah mereka tabung buat kebutuhan jajan,” ceritanya yang baru saja menerima penghargaan komunitas pegiat lingkungan dari pemerintah Kota Ambon pada 22 Februari 2021.

Halaman selanjutnya …