Tutup Sejak Jumat, Puskesmas Tawiri Alihkan Layanan Ke Pustu

by
Puskesmas Tawiri tutup sejak Jumat (29/5) dan tampak lengang setelah ada tenaga kesehatan yang positif covid-19, (30/5). FOTO: Priska Birahy

TERASMALUKU.COM,AMBON, – Puskesmas Tawiri Kota Ambon saat ini telah ditutup. Pelayanan kesehatan dialihkan sementara ke puskesmas pembantu (Pustu). Dalam keterangan pers Juru Bicara (Subir) Gugus Tugas (Gustu) Covid-19 Kota Ambon sebelumnya menyatakan bahwa puskesmas tersebut akan tutup sementara pada Senin 1 Juni 2020.

Saat wartawan meninjau lokasi Puskesmas yang terletak di Jalan Nun Tati Dusun Air Manis Laha pada Sabtu (30/5/2020) pintu pagar puskesmas tergembok. Suasana area itu sepi tak tampak ada satu aktivitas apapun.

Bagian dalam gedung gelap. Pintu masuk berkaca terkunci rapat. Di bagian halamannya juga tak ada kendaraan yang terparkir. Beberapa warga yang ditanyai secara acak di sekitar pun mengakui jika puskesmas memang tutup. Bahkan sudah tutup sebelum wartawan mendatangi lokasi.

Loading...

 

“Sekitar kemarin (Jumat 29 Mei 2020) puskesmas sudah tutup. Katanya ada yang positif di situ. Suster,” ucap salah seorang warga sekitar. Saat ditanyai lebih lanjut, dia membenarkan bahwa aktivitas di fasiliats kesehatan pratama itu sudah tutup sejak Jumat. Mereka, warga sekitar juga mengetahui terkait adanya tenaga kesehatan di situ yang terpapar virus corona.

Ketika ditanai lebih lanjut terkait pelayanan kesehatan, mereka menyebut bawa ada puskesmas pembantu yang bisa diakses. Penutupan itu pun dirasa tidak terlalu mengganggu. “Katong jua seng pigi ke puskesmas su lama. Katong seng tahu siapa,” terang warga lain.

Kepala Puskesmas Tawiri, dr. Hasni Arusad, MARS, dalam pernyataan di salah satu media daring nasional membenarkan hal itu. “Kami tidak tutup sepenuhnya. Kami alihkan pelayanan ke pustu-pustu yang ada di wilayah kerja PKM Tawiri,” urainya.

Penutupan ini dimaksud untuk mensterilkan terlebih dahulu ruangan serta tenaga kesehatan yang nantinya akan bertugas melayani pasien. Yaitu dengan melakukan penyemprotan disinfektan. Seperti yang disampaikan oleh Jubir Gustu Kota Ambon, Joy Adriaansz beberapa hari lalu. “PKM induk akan disterilkan. ini hanya sampai 1 minggu aja. Kami sudah tutup mulai jumat kemarin. Pelayanan pindah ke pustu-pustu,” jawabnya singkat.

Selain Puskemas Tawiri dan Hutumuri yang akan tutup usai ada tenaga kesehatan yang terppar virus, ada juga dua puskesmas lain yang menyusul. Yakni puskesmas Air Salobar dan Poka. Dari keterangan pers gugus tugas kota Ambon, ada lima tenaga kesehatan yang terpapar dari puskesmas tersebut. (PRISKA BIRAHY)

 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *