Uji Kemampuan Renang, Aparat Lantamal Sebrangi Teluk Ambon

by

AMBON-  Untuk menguji kemampuan renang, puluhan personil Lantamal IX  Ambon, Badan SAR Nasional (Basarnas) dan Badan Keamanan  Laut (Bakamla) Zona Timur melakukan uji kemampuan renang di Teluk Ambon, Selasa (11/4).

Komandan Lantamal IX Ambon Laksamana Pertama TNI Nur Singgih Prihartono menyatakan, renang laut tersebut sebagai bentuk latihan kemampuan dasar dan kesiapan lanjutan dalam tindakan penyelamatan korban kecelakaan di laut.

“Ini adalah bagian dari proses penyelamatan dasar jika ada yang tenggelam di laut serta proses evakuasi ke tempat aman agar korban mendapatkan perawatan dan pengobatan yang lebih intensif,” kata Prihartono.

Ia mengatakan, rute renang yang mereka lakukan kurang lebih 2,5 km. Dimulai dari Pantai Kate – Kate Ambon dan finish di Dermaga Beaching Mako Lantamal IX Ambon,  yang diikuti personel dari tim evakuasi laut Lantamal, Basarnas dan Bakamla dengan didukung 5 perahu.

Ia mengapresiasi kegiatan latihan renang laut gabungan ini, selain  mengetahui kemampuan personil sekaligus untuk  refreshing . “Renang adalah hal terpenting dan mendasar bagi personel pada saat melaksanakan penyelamatan,” katanya.

Menurutnya, kegiatan gabungan ini juga sekaligus menciptakan kekompakan dari satuan terkait yang merupakan intansi terdepan dalam melakukan penyelamatan bila terjadi kecelakaan di laut.

“Wilayah Maluku sebagian besar adalah laut, sehingga jika pada saatnya dibutuhkan tindakan penyelamatan di laut  yang melibatkan berbagai instansi,” katanya. (IAN)