UMK Kota Ambon Naik Rp 200 Ribu di 2020

by
Sumber: Suara.com

TERASMALUKU.COM,AMBON,- Pemerintah Kota Ambon telah menetapkan Upah Minimum Kerja (UMK) baru yang akan diterapkan mulai 1 Januari 2020 mendatang.

Penetapan itu akan diikuti dengan sosialiasi agar UMK tersebut dapat diberlakukan secara menyeluruh. Kepala Dinas Tenaga Kerja Kota Ambon, Godlief Soplanit menjelaskan rapat bersama untuk penetapan itu telah melaui perhitungan dan pertimbangan.

Kepala Dinas Tenaga Kerja Kota Ambon, Godlief Soplanit pastikan kenaikan UMK sudah sesuai perhitungan perkembangan ekonomi kota

“Kami sama-sama dengan BPS juga sirikat pekerja menghitungnya. Itu sudah sesuai. Walau Komisi 1 DPRD target anggaran terbatas tapi kami mampu survei dan bikin penetapan,” jelasnya Usai rapat penetapan UMK di The City Hotel Ambon, Rabu (20/11/2019).

loading...

Hasilnya, UMK 2020 adalah sebesar Rp 2.643. 387 dari UMK 2019 sebesar Rp 2.436.007. Ada kenaikan lebih dari Rp 200.000. menurut Godlief itu telah disesuaikan dengan kebutuhan dan daya beli masyarakat. Kenaikan tersebut diharapkan punya pengaruh besar pada kesejahteraan pekerja juga sebagai perlindungan. Nantinya akan ada sosialisasi terkait UMK baru kepada perusahaan.

Itu untuk memastikan pendapatan para pekerja sesuai dengan ketetapan yang dibuat pemerintah kota. “Sudah sesuai dengan perhitungan inflasi juga para pakar. Hasilnya dibahas bersama dewan pengupahan juga serikat pekerja,” ucap Asisten 1 Kota Ambon, Mientje Tupamahu yang datang mewakili Walikota Ambon. Kenaikan itu juga diharapkan tidak memberatkan pengusaha untuk memberi upah kepada pekerja di tahun mendatang. (PRISKA BIRAHY)

Loading...

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *