UNBK Di Tiga Kabupaten Terhambat Koneksi Internet

by
Koneksi internet di tiga kabupaten di Maluku buruk dan cukup menyulitkan proses UNBK (1/4). FOTO: Nair Fuad

 TERASMALUKU.COM,-AMBON –Tiga Kabupaten di Maluku terjadi gangguan jaringan internet. Yakni di Kecamatan Waisala Kabupaten Seram Bagian Barat (SBB), Kabupaten Maluku Barat Daya (MBD) dan Pulau Buru.

Hal itu terlihat saat Dinas Pendidikan dan Kebudayaan(Dikbud) Maluku melakukan video conference ke sekolah-sekolah yang sedang menjalankan ujian nasional berbasis komputer (UNBK) dan ujian nasional berbasis kertas dan pensil (UNKP) di 11 kabupaten di Maluku, Senin (1/4/2019).

Dari pantauan Terasmaluku.com Plh Gubernur Maluku Hamin Bin Taher  mengakui hal tersebut. “Suaranya tidak jernih ada gangguan jaringan,” katanya kepada wartawan. Saat pantauan UNBK melalui video conference jaringan lemah bahkan di beberapa kabupaten. Kualitas suara dan gambar buruk dan sulit diterima.

Menurut Taher hal itu bakal menjadi evaluasi dan diperbaiki. Karena itu pada sesi video conferencepihaknya menghadirkan Genderal Manager Witel Jenderal Manager Telkom Wilayah Maluku Haris Setyawan dan PLH Manejer Sub Bagian Pengendalian Operasi Distribusi  PLN Wilayah Maluku Yoyon Harry Yanto. Tujuannya agar mereka mereka melohat langsung kendala koneksi di tiga kabupaten tersebut.

“Saya kira mereka sudah dengar kekurangan yang dialami oleh sekolah baik terkait jaringan internet maupun PLN di kabuapaten dan kota di Maluku,” jelas Taher. Pihak Telkom mengatakan, Kabupaten MTB jaringan internet mengalami gangguan karena di sana masih memakai jaringan satelit sehingga kapasitasnya terbatas.

Untuk gangguan di Kabupaten Buru dan Waisala terkendala lokasi sekolah yang jauh serta cuaca buruk. Dan jaringan kelistrikan, setiap sekolah terdapat dua orang tenaga PLN yang ditempatkan khusus.  Mereka ini yang akan mengatasi apabila ada kerusakan di sekolah.(NAIR FUAD)