Gubernur Kukuhkan Upu Latu Sahapori, Rusdi Marasabessy  

oleh
oleh
Gubernur Maluku Said Assagaff mengukuhkan Raja Negeri Kailolo Rusdi Marasabessy sebagai Upu Latu Sahapori. FOTO : HUMAS PEMPROV MALUKU

TERASMALUKU.COM,AMBON-Gubernur Maluku Said Assagaff mengukuhkan secara adat Raja Negeri Kailolo Rusdi Marasabessy sebagai Upu Latu Sahapori, yang berlangsung  di Negeri Kailolo Kecamatan Pulau Haruku, Kabupaten Maluku Tengah, Rabu (8/3).

“Ritual adat ini merupakan moment bersejarah untuk anak Negeri Sahapori. Karena memiliki pesan dan makna simbolik yang sangat kuat, sebagai perwujudan dari upaya kita bersama, untuk terus menjaga dan memantapkan keberlangsungan nilai-nilai budaya dan kearifan lokal, yang telah digagas para leluhur sejak dahulu,” ujar Assagaff.

Selain itu, menurut gubernur, acara ini juga dapat dimaknai sebagai momentum strategis untuk mensosialisasikan serta mempromosikan sistem nilai dan aneka budaya masyarakat Maluku, kepada publik nasional maupun internasional, tentang betapa kayanya kebudayaan di daerah ini yang beraneka ragam.

“Saya berharap pengukuhan ini bukan saja sebagai seremonial semata, tapi juga sebagai bentuk tanggungjawab moril kita semua, untuk melestarikan dan mewarisi nilai-nilai kepemimpinan yang amanah, penuh tanggung jawab dan selalu berpihak pada kepentingan rakyat,” tandas Assagaff.

Dia menyebutkan, para ahli kebudayaan mengatakan, bahwa khasanah kebudayaan masyarakat seperti pengukuhan adat ini, memiliki fungsi-fungsi determinan (utama), yang akan membentuk karakter psikologi, identitas kultural dan peradaban, yang dapat memperkuat harmoni dan persaudaraan dalam masyarakat.

“Bahkan bisa menjadi modal sosial, yang sangat berharga dalam pembangunan bangsa dan negara, terutama pembangunan Maluku Tanah Pusaka ini,” imbuhnya. Selain didampingi Bupati Maluku Tengah Tuasikal Abua, dalam acara pengukuhan ini, Gubernur juga didampingi Kapolda Maluku Brigjen Ilham Salahudin, Penjabat Bupati Buru Ismail Usemahu, sesepuh Negeri Kailolo Letjen Purnawirawan Suadi Marasabessy.

Rusdi  Marasabessy sendiri sebelumnya sudah dilantik secara pemerintahan  sebagai Raja Negeri Kailolo. Usai pengukuhan, dilanjutkan makan patita yang melibatkan ribuan warga Negeri Kailolo dan warga lainnya dari desa – desa tetangga, termasuk Pela dan Gandong Negeri Kailolo. (ADI)

BACA JUGA :  Pemkab Buru Dan BPKP Gelar Bimtek Perencanaan Pembangunan Daerah Berbasis Aplikasi  E-planning

No More Posts Available.

No more pages to load.