Olahraga Agar Sehat, Kurus Hanya Bonus

oleh
oleh
Game Elze Marhaeni Kasturian, instruktur sekaligus owner Senam Game di Kota Ambon. FOTO : BIR (TERASMALUKU.COM)

TERASMALUKU.COM,-AMBON-Se pung bodi poco poco. Tentu para perempuan amat familier dengan sebutan itu. Kalimat yang diambil dari lagu berjudul Poco Poco yang dinyanyikan Yopie Latul itu acap kali diucapkan terutama bagi perempuan dengan bentuk tubuh sekel atau padat. Sebagian orang beranggapan jika bentuk tubuh tersebut adalah yang ideal.

Atau bagi mereka yang baru melahirkan, ukuran tubuh yang bertambah melar sering kali dimaklumi sebagai hal wajar dan membiarkannya seperti itu hingga masa nifas berlalu.  “Katanya nggak apa apa nikah jadi gak perlu urus badan,” celetuk Debra A Soplantila, seorang murid di kelas senam di Wisma Game Ambon.

Tapi tahukan kalian jika tidak ada standar bentuk tubuh yang ideal. Ada banyak perempuan yang diet habis-habisan, Olahraga, lari keliling lapangan hanya agar mendapat goals tubuh ala model dan tampak kurus. Padahal makna dari olahraga sejatinya untuk menyehatkan jasmani dan mental. “Selama ini masih banyak perempuan yang belum sadar. Olahraga bukan buat kurus. Tapi sehat, itu dulu yang harus ditanamkan,” jelas Game Elze Marhaeni Kasturian, instruktur sekaligus owner Senam Game.

Di kota besar seperti Jakarta, Surabaya, Makassaar dan Bandung olahraga bukan lagi sarana untuk gaya-gayaan dan pamer. Masyarakat urban menjadikan olahraga sebagai gaya hidup. Kita bisa menjumpai banyak orang yang mengantri di depan pintu gym and fitness center di atas pukul 20.00. Itu menandakan kepedulian mereka akan kesehatan.

Nah hal tersebut berkebalikan dengan di Kota Ambon. Sebagian perempuan masih beranggapan keliru soal olahraga. Keterbatasan waktu dan rasa lelah sering dijadikan alasan untuk enggan berolahraga. Padahal instruktur yang pernah mengikuti kelas bersama Vicky Burki itu mengatakan, olahraga minimal empat kali dalam seminggu. “Rata rata kekurangan perempuan di Ambon ada di perut. Perut buncit dan paha besar,” terang bungsu dari empat saudara ini.

BACA JUGA :  KPU Kota Tual Lakukan Perbaikan Data DPS

Makanan yang masuk tanpa diimbangi pembakaran bakal mudah menumpuk di perut. Karena itu lemak yang ada di perut merupakan lemak jahat yang harus dikikis habis. Saat tubuh bergerak toksin atau racun dalam tubuh turut dikeluarkan melalui kelenjar sekresi di kulit.

Manfaat lain yang didapat yaitu pernapasan yang baik serta melancarkan peredaran darah. Ibu dua anak itu mengatakan olahraga jangan dijadikan pengobatan, justru kita harus menjadikanya langkah preventif atau pencegahan.

Game Elze Marhaeni

Game mulai mengambil kelas instruktur senam di usia yang amat belia. Yaitu usia 16 tahun pada 1991 di Bandung. Kemauan untuk sehat sepertinya sudah mendarah daging. Sang ibu lebih dulu mengawali karir sebagai instruktur senam di Ambon. Keluarganya juga ada yang atlet bulu tangkis dan renang. Dia tumbuh dan besar di lingkungan demikian membuat Game tak kesulitan menjadi seorang instruktur. Sejak itu dia makin telaten untuk ikut kelas dan menambah pengetahuan dalam dunia workout.

Baginya sehat itu mahal. Orang bisa saja kurus dalam waktu singkat dan instan. Tapi tidak ada jaminan jiwa raganya sehat. Terutama bagi perempuan, kesehatan tubuh adalah faktor pembentuk mood serta resep awet muda. “Saya masih ingat papa dulu biling kalau nanti lagi emosi atau stres mending olahraga,” kenang alumnus Fakultas Planologi Institusi Teknik Nasional (ITNas) Bandung, saat ditemui Terasmaluku.com di studio senamnya di kawasan Batu Meja Kota Ambon, Sabtu 31 Maret 2018 .

Saat stres otot serta urat syaraf tegang. Nah, dengan berolahraga anggota tubuh yang tegang itu kendor dan rileks kembali. Kita bisa berpikir tenang dan mengembalikan mood yang bagus. Kini murid murid di kelas senamnya berjumlah lebih dari 100 orang dengan jumlah murid aktif sebanyak 60 orang. Mereka yang rutin datang berolahraga, menjaga kekuatan dan kesehatan tubuh.

BACA JUGA :  Bocah Perempuan Usia Lima Tahun di Bursel Hilang Terseret Banjir

Baginya diet itu tidak terlalu penting. Kita justru harus konsumsi makanan seimbang terutama sebelum berolahraga. Ada sebuah paradigma keliru, bahwa sebelum berolahraga tidak boleh makan. Padahal makanan dibutuhkan sebagai bahan baku pembakaran selama olahraga.

Menurutnya jika kita Olahraga rutin, metabolisme dan kerja tubuh makin cepat. Makanan yang masuk akan mudah dibakar jadi energi. Salah satu olahraga yang paling banyak pembakarannya yaktu TRX. Masyarakat lebih mudah mengenalinya dengan tambahan alat olahraga berupa tali. Tali ini dijadikan alat bantu selama melalukan gerakan, sebab seluruh beban ada pada tubuh kita sendiri. Untuk membuka kelas TRX, Game khusus mengikuti kelas TRX bagi instruktur di Bandung pada Agustus 2017 lalu.

“Saya tidak mau asal asal. Apa yang saya ajarkan harus sesuai supaya manfaatnya sampai,” tutur perempuan yang kali pertama membuka kelas senam di Ambon sejak 2004 itu. Dengan keseriusan itu banyak murid yang sudab merasakan dampak baik. Debra Soplantila, murid yang sudah lama mengikuti kelas bersama Game.

Selain TRX ada juga sumba yang paling banyak disukai orang Ambon. “Dulu sumba tapi sekarang lebih suka TRX,” katanya usai sesi pagi. Menurutnya ada banyak orang yang datang dengan iming iming tubuh kurus. Lambat laun satu persatu mereka undur diri. Baginya olahraga memberi banyak manfaat. Tubuh lebih ringan, semangat, mood bagus, tak gampang sakit. Kurus, hanyalah bonus. (BIR)

No More Posts Available.

No more pages to load.