BMKG Tegaskan Matinya Ikan Secara Massal di Ambon Bukan Pertanda Akan Ada Gempa Dan Tsunami

oleh
oleh
Ikan mati di Pantai Desa Passo dengan jenis serupa pada temuan di Leitimur Selatan Kota Ambon, Senin (16/9/2019). FOTO: Priska Birahy

TERASMALUKU.COM,-AMBON- Badan Meteorologi, Klimatologi dan Geofisika (BMKG) menegaskan  fenomena matinya ikan secara massal di sejumlah lokasi di Kota Ambon tidak ada kaitannya dengan gempa dan tsunami. Kepala Bidang Mitigasi Gempa bumi dan Tsunami BMKG, Dr Daryono menegaskan Kematian ikan secara massal di Pantai Ambon bukan pertanda akan terjadi gempa dan tsunami.

BACA JUGA :  Balai Karantina Ikan Ambon Temukan Pendarahan di Tulang Ikan

Dalam siaran pers yang diterima Terasmaluku.com, Senin (16/9/2019) malam, Daryono mengatakan sejak Sabtu 14 September 2019 warga mendapati ikan banyak yang mengapung dan mati di Pantai Hutumuri, Rutong, Lehari dan Hukurila Ambon. Ia mengakui banyak warga yang mengkaitkan fenomena ini dengan tanda alam akan terjadi gempa besar dan tsunami. Sayangnya banyak warga termakan berita bohong (hoax) ini. Sehingga beberapa warga berencana akan mengungsi karena takut akan terjadi tsunami.

“Terkait dengan berita tersebut di atas, BMKG menghimbau kepada masyarakat agar tidak mudah percaya kepada isu yang tidak dapat dipertanggungjawabkan kebenarannya. Selama ini belum pernah ada peristiwa gempa besar dan memicu tsunami yang didahului oleh matinya ikan secara massal,”  kata Daryono.

Ia menegaskan tidak ada dalam ilmu gempa menjadikan ikan mati sebagai precursor gempa dan tsunami. Kematian ikan secara masaal ini kata Daryono dipastikan oleh sebab lain. “Selama ini, kasus kematian ikan secara massal dapat diakibatkan oleh adanya ledakan, keracunan, atau faktor lingkungan yang mengakibatkan ikan mati,” ungkapnya.

BACA JUGA : IKAN MATI JUGA DITEMUKAN DI PANTAI PASSO

Ia mengatakan saat ini pihak terkait sedang melakukan investigasi untuk mencari sebab matinya ikan-ikan di Pantai Ambon. “Untuk itu kita tunggu saja hasilnya. Peristiwa matinya ikan secara masal ini bukan pertanda akan terjadi gempa dan tsunami,” katanya.

BACA JUGA :  DAGING TERNAK AMAN DIKUNSUMSI

Daryono menegaskan aktivitas kegempaan di Ambon dan sekitarnya saat ini normal-normal saja, tidak tampak adanya aktivitas yang mencolok, sehinga masyarakat diminta tenang. “Merebaknya isu akan terjadi gempa dan tsunami ini bersumber dari berkembangnya isu yang tidak dapat dipertanggungjawabkan, sementara yang mengembangkan isu ini juga tidak mengetahui asal usul penyebabnya secara pasti. Jadi banyak asumsi yang berkembang di masyarakat, salah satunya dikaitkan dengan isu akan terjadi gempa dan tsunami,” jelasnya.

Daryono mengatakan BMKG menghimbau masyarakat tidak perlu mengungsi karena saat ini sedang tidak ada kejadian gempa kuat dan BMKG juga tidak sedang mengeluarkan peringatan dini tsunami. “Untuk itu kepada masyarakat dihimbau agar tenang dan tidak terpancing oleh informasi yang tidak dapat dipertanggungjawabkan kebenarannya,” kata Daryono.(ADI)

No More Posts Available.

No more pages to load.