Bupati SBT : Pilkades Dipercepat, Dananya Dianggarkan di APBD Perubahan

by
Bupati Seram Bagian Timur (SBT) Abdul Mukti Keliobas (kiri). Foto : Sofyan

TERASMALUKU.COM,-BULA-Bupati Seram Bagian Timur (SBT) Abdul Mukti Keliobas memerintahkan Kepala Dinas Pemerdayaan Desa (PMD) Jafar Kwairumaratu,
agar Pemilihan Kepala Desa (Pilkades) serentak segara digelar pada tahun 2021 hingga 2022.

Pernyataan ini disampaikan Bupati kepada wartawan di Kantor DPRD SBT Rabu, (22/9/2021) usia menyampaikan Nota Pengantar KUA dan PPAS tahun 2021.

Bupati juga minta pada pembahasan perubahan Kebijakan Umum Anggaran APBD (KUA) serta perubahan Prioritas dan Platfon Anggaran Sementara (PPAS) tahun anggaran 2021, dana Pilkades juga harus dianggarkan.

“Pilkades dipercepat, karena kita harapkan di APBD perubahan ini sudah harus dianggarkan Pilkades,” kata Bupati.

Bupati menyebutkan Pilkades dianggarkan dengan dana sebanyak  Rp 90 juta. Dana tersebut kata Bupati bisa dilangsungkan Pilkades di tahun 2021 ini.

Bupati memastikan tahun 2022 nanti Pilkades di SBT sudah bisa diselesaikan. “Dan kita akan lakukan pemilihan secara bertahap. Antara dapil satu, dapil dua dan dapil tiga. Kita harapkan di 2022 ini sudah hampir selesai semaunya,” tutup Keliobas.

Sebelumnya dalam rapat paripurna, sejumlah anggota DPRD SBT mengingatkan Bupati agar Dinas PMD segera melakukan Pilkades.

Ini penting untuk kelancaran roda pemerintahan di tingkat desa. Sebab banyak masalah yang saat ini dialami penjabat atau kareteker desa, tanpa penyelesaian yang baik. (Sofyan)