Siaga 24 Jam, PLN Pastikan Pasokan Listrik Terbaik untuk Masyarakat Sambut Idul Fitri 1443 H

oleh
oleh

JAKARTA-PT PLN (Persero) siap memberikan pelayanan prima untuk masyarakat yang merayakan Idul Fitri 1443 Hijriyah. Bertepatan juga pada momen mudik tahun ini, PLN memastikan seluruh pasokan listrik aman agar masyarakat bisa menikmati lebaran di kampung halaman.

PLN membentuk Satgas Kesiapan dan Keandalan Pasokan Listrik menyambut Idul Fitri 1443 H yang bertugas sejak H-7 lebaran hingga H+9 lebaran. PLN juga berencana untuk memperpanjang satgas ini hingga H+14.

Direktur Utama PLN Darmawan Prasodjo menjelaskan dari sisi pasokan listrik saat ini dalam kondisi aman. Total kapasitas pembangkit di Indonesia mencapai 64,3 gigawatt (GW), dengan total beban puncak diperkirakan mencapai 30-31 GW pada saat Idul Fitri. Untuk mendukung operasional pembangkit, PLN memastikan pasokan energi primer batu bara, gas dan bahan bakar minyak dalam kondisi aman dengan hari operasi (HOP) di atas 15 hari.

“Kami siapkan pasokan energi primernya. Kami sudah cek, _stokpile_ batu bara kami saat ini di atas 15 HOP. Untuk gas, khususnya untuk pasokan ke PLTGU dan kondisi pasokan BBM juga sudah di atas 15 HOP,” jelas Darmawan di Jakarta, Minggu (1/5/2022).

Darmawan merinci saat ini daya mampu di wilayah Jawa, Madura dan Bali (Jamali) mencapai 32 GW. Adapun beban puncak selama Idul Fitri diperkirakan 19,5 GW. Untuk wilayah Sumatera dan Kalimantan PLN memiliki daya mampu 10,4 GW dengan beban puncak Idul Fitri mencapai 7,76 GW. Sementara untuk wilayah Sulawesi, Maluku, Papua dan Nusa Tenggara (Sulmapana), PLN juga menyiagakan pembangkit dengan daya mampu sebesar 3,5 GW dan beban puncak saat Idul Fitri sekitar 2,9 GW.

PLN juga menerjunkan 50.268 personel di 2.982 posko siaga yang tersebar di seluruh penjuru Tanah Air, dengan menerapkan sistem piket bagi petugas operasional selama 24 jam demi menjaga keandalan pasokan listrik.

BACA JUGA :  KPU Maluku Uji Publik Kepulauan Aru Diusulkan Daerah Pemilihan Sendiri

Untuk memastikan pasokan listrik aman, PLN tak hanya memaksimalkan operasional pembangkit listrik, tetapi juga menyiapkan suplai cadangan dengan menyiagakan 2.550 peralatan pendukung siaga seperti, unit _Uninterruptible Power Supply )_ (UPS), genset maupun unit gardu bergerak (UGB), _trafo mobile_ hingga kendaraan.

“Kami perintahkan semuanya siaga. Peralatan, _crane, trafo mobile_ semua dalam kondisi siap. Pembangkit, kesiapan energi primer juga dalam kondisi siap. Semua dalam status _on_ dan _standby._ Jikapun, ada gangguan kami pastikan PLN langsung bisa bergerak cepat,” ujar Darmawan.

Dari sisi layanan pelanggan, PLN juga memastikan akan siap melayani keluhan pelanggan selama 24 Jam. Saat ini pelanggan bisa langsung mengakses aplikasi PLN Mobile yang tersedia di AppStore dan PlayStore. Melalui PLN Mobile, pelanggan bisa langsung melaporkan keluhan ataupun kebutuhan kelistrikan pelanggan setiap saat.

“Kami sudah mengintegrasikan PLN Mobile dengan _Virtual Command Centre_ (VCC) kita yang bisa merespons cepat keluhan masyarakat. Masyarakat juga bisa mengakses semua kebutuhan kelistrikan melalui PLN Mobile ini,” ujar Darmawan.

Selain memaksimalkan pasokan listrik untuk masyarakat di rumah, bertepatan dengan momen mudik tahun ini PLN juga mensiagakan SPKLU di 8 _rest area_ yang ada di sepanjang Tol Trans Jawa.

Darmawan menilai para pemilik EV tak perlu ragu lagi membawa kendaraan listriknya ke kampung halaman karena PLN menyiagakan seluruh SPKLU di sepanjang _rest area_ Tol Trans Jawa.

“Kami menyiapkan 128 SPKLU di seluruh Indonesia. Namun, khusus untuk di jalur mudik, kami siapkan SPKLU di _rest area_ sepanjang jalur tol Jawa. Dari Cikampek hingga Kertosono dan Madiun,” ujar Darmawan.

Darmawan merinci delapan titik tersebut berada di _Rest Area_ KM 519 A (Solo Ngawi), _Rest Area_ KM 519 B (Ngawi Solo), _Rest Area_ KM 389 B (Batang – Semarang), _Rest Area_ KM 379 A (Semarang – Batang), _Rest Area_ KM 626 B (Kertosono, Madiun), _Rest Area_ KM 207 A (Palikanci, Cirebon), _Rest Area_ 208 B (Palikanci) dan _Rest Area_ KM 6 (Jakarta-Cikampek).

BACA JUGA :  Pesan Assagaff Untuk Mahasiswa Maluku di Jabodetabek

Para pemudik juga bisa memakai fasilitas SPKLU yang tersedia di kantor wilayah PLN di sepanjang Jawa. PLN saat ini sudah mengoperasikan lebih dari 126 SPKLU yang tersebar di 97 lokasi di 48 kota seluruh Indonesia.

“Jika para pemudik hendak jalan-jalan di kota singgah sekitar Tol Trans Jawa, pemudik EV bisa memanfaatkan SPKLU yang tersedia di kantor unit PLN,” tambah Darmawan.

Bagi masyarakat yang mudik menggunakan mobil listrik dapat menggunakan Fitur _electric vehicle_ di PLN Mobile, untuk mengetahui lokasi SPKLU tersebut.

Selain menyiapkan 2.982 posko siaga kelistrikan, PLN juga menyediakan 147 posko mudik yang ada di seluruh unit wilayah PLN. Khusus di Jamali, ada 44 posko. Sedangkan di Sumatera Kalimantan ada 96 posko dan di wilayah Sumalpana ada 7 posko.

“Kalau pemudik butuh tempat istirahat silahkan menepi di posko kami. Kami sediakan tempat istirahat bagi pemudik,” ujar Darmawan.(***)

No More Posts Available.

No more pages to load.