Komisi IV DPRD Bersama Kanwil Kemenang Maluku Bahas Teknis Penyelenggaraan Ibadah Haji

by
Komisi IV DPRD Provinsi Maluku bersama Kanwil Kementerian Agama Provinsi Maluku membahas teknis penyelenggaraan ibadah haji tahun 2022.

TERASMALUKU.COM,-AMBON-Komisi IV DPRD Provinsi Maluku bersama Kanwil Kementerian Agama Provinsi Maluku membahas teknis penyelenggaraan ibadah haji tahun 2022.

Hering yang dipimpin Ketua Komisi IV DPRD Provinsi Maluku, Samson Atapary, dihadiri Kakanwil Kemenag Provinsi Maluku, H. Yamin, Kepala Biro Kesra Pemerintah Provinsi Maluku, Abdul Adji, bersama panitia penyelenggra haji Kanwil Kemenag Malauku ini berlangsung di ruang rapat komisi, Jumat (27/5/2022).

BACA JUGA : Kemenag : Calon Haji Tidak Diwajibkan Vaksin Booster

Samson Atapary, mengatakan tujuan rapat bersama ini untuk menyatukan pemahaman dana membijaki penyelenggaran ibadah haji Provinsi Maluku tahun 2022 yang sesuai agenda akan berlangsung pada Juni mendatang.

Ada beberapa hal yang telah disepakati bersama terkait penetapan maskapai penerbangan yang akan melayani perjalanan 494 Jamaah Haji Maluku, Kewenangan alokasi anggaran untuk biaya embarkasi dan deberkasi dari Ambon ke Makassar sepenuhnya menjadi tanggung jawab Pemerintah Provinsi Maluku, dan sejumlah hal teknis penyelenggaraan ibadah.

Kepala Kanwil Kemenag Maluku, H. Yamin mengatakan, secara umum waiting list atau daftar tunggu jamaah haji Maluku selama 30 tahun. Jamaah haji Malauku berada dalam kelompok terbang atau kloter 9 dan 10, dengan jumlah 496 ditambah dua petugas haji daerah (PHD) didalamnya .

Jamaah Haji Maluku akan terbang menuju Arab Saudi pada tanggal 25 Juni 2022. Pada tanggal 21 dan 22 Juni seluruh jamaah sudah berada di Kota Ambon, setibanya mereka akan divaksin atau vcr oleh petugas kesehatan.

Selanjutnya tanggal 23 Juni akan dilakukan pelepsan jamaah haji Maluku oleh Gubernur Maluku Irjen. Pol (Purn) Murad Ismail, esoknya ditanggal 24 Juni  seluruh jamaah haji akan diterbangkan menuju Embarkasi Sudiang Makassar.

“Pada tanggal 25 Juni proses pemberangkatan akan dilakukan, jamaah haji Maluku masuk dalam gelombang 2 Indonesia atau Mekkah awal, artinya proses perjalanan awal ini akan langsung ke Madinah selanjutnya ke Mekkah, “jelas Yamin.

BACA JUGA :  Imam Besar Masjid Istiqlal Terbitkan Panduan Praktis Beribadah Selama Wabah Covid-19

Yamin, memastikan seluruh adminstrasi jamaah saat ini sudah siap, termasuk dokumen pelunasan setoran haji. Pihak Kanwil Kemenag juga membantu kelancaran jamaah yang pindah dari Maluku ke provinsi lain. Sementara untuk biaya embarkasi dan debarkasi jamaah diserahkan ke pemerintah daerah untuk mendapatkan bantuan.

“Alhamdulillah saat ini berkas admisntrasi seluruh jamaah sudah final termasuk pemenuhan pelunasan biaya haji oleh masing-masing jamaah,” kata Yamin.

Sementara itu, Kepala Biro Kesra Pemerintah Provinsi Maluku, Abdul Aji, mengatakan pemerintah provinsi saat ini siap membantu biaya embarkasi dan debarkasi jamaah, mulai dari biaya transportasi, kopor bagasi, dan biaya konsumsi.

“Kami mengalokasikan 1,5 juta per jamaah namun saat ini kami masi menunggu usulan dari Kemenag terkait kebutuhan embarkasi, pada prinspinya pemerintah provinsi Maluku siap membantu perjalanan seluruh jamaah haji di maluku,” katanya.

Dijelaskan untuk mengefektifkan alokasi anggran melalui dana hiba ini, maka dibutuhka peraturan Gubernur untuk mengataur, batasan subsidi yang dialaoksikan.

“Ini penting sehingga kita bisa memastikan mana kwengan kota kabupaten dan kewengan provinsi dalam menyalurkan hibah dana embarkasi haji di Provinsi Maluku,”kata Aji.

Turut hadir dalam pertemua ini, Kadang Tu Kanwil Kemenag Maluku, H Yasir Rumadaul, Plt Kabid PHu Kanwil Kemenag Prov Maluku, Aslawati Kabalmay, dan Kasubbag Umum dan Humas Kanwil Kemenag Provinsi Maluku, Abd Karim Rahantan (***)

No More Posts Available.

No more pages to load.