Undi Nomor Urut, Paparisa BARU Nomor Satu, PANTAS Nomor Dua

by

AMBON- Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kota Ambon menggelar pengundian dan pengumuman nomor urut pasangan calon (Paslon) Walikota dan Wakil Walikota Ambon Pilkada 2017, yang digelar di Baileo Siwalima Ambon Selasa (25/10) malam. Sebelum menarik undian, Paslon Walikota dan Wakil Walikota Richard Louhenapessy – Syarif Hadler atau Paparisa BARU dan Paslon Walikota dan Wakil Walikota Polly Kastanya-M.A.S. Latuconsina atau PANTAS mengambil nomor antrian penarikan. PANTAS mendapatkan nomor pertama untuk menarik undian, menyusul Paparisa BARU.
Ketua KPU Kota Ambon Marthinus Kainama yang memandu acara ini, mempersilahkan Polly mengambil amplop berlogo KPU di dalam kotak. Amplop berwarna putih tersebut berisi nomor urut paslon peserta Pilkada Kota Ambon. Setelah itu Richard mengambil amplop yang sama. Polly dan Richard didampingi calon wakilnya, disaksikan komisioner KPU dan Panwasli Kota Ambon kemudian berdiri bersama dan membuka amplop tersebut.
Paparisa BARU mendapat nomor urut 1, sedangkan pasangan PANTAS memperoleh nomor urut 2. Pengudian nomor urut paslon ini juga disaksikan pimpinan parpol pengusung calon dan puluhan pendukung mereka. Proses pengundian nomor urut ini berlangsung seru. Begitu diketahui nomor urut, paslon dan pendukungnya langsung bersorak – sorai, dengan yel – yel mereka.
Paslon dan pendukungnya memaknai nomor urut sebagai sebuah keburuntungan dalam Pilkada nanti. Nomor hasil undian ini kemudian diumumkan dan ditetapkan KPU Kota Ambon, sebagai nomor urut paslon yang akan digunakan dalam Pilkada Kota Ambon 15 Februari 2017. Pelaksanaan pengundian nomor urut berlangsung aman dan lancar.
Setelah ini, paslon akan memasuki tahapan kampanye yang dimulai dengan kampanye damai pada Jumat (28/10) nanti. Hadir dalam pengundian ini, Sekot Ambon, AG.Latuheru, Kapolres Pulau Ambon dan Komandan Kodim Pulau Ambon. Pengundian nomor urut Paslon mendapat pengawalan ketat aparat Polres Pulau Ambon dan TNI. (DIT)