Unik, Bale Papeda Sambil Diputar di Udara  

Unik, Bale Papeda Sambil Diputar di Udara  

SHARE
Mama Waka menyajikan papeda kepada pengunjung warung Singgah Dolo di Desa Tulehu Kecamatan Salahutu Kabupaten Maluku Tengah, Maluku. FOTO : BIR (TERASMALUKU.COM)

TERASMALUKU.COM,-AMBON-Siapa yang tidak tahu papeda. Terutama bagi orang Timur, papeda bukan sekadar makanan khas, tapi salah satu makanan pokok selain nasi. Papeda berbahan baku sagu ini memiliki tekstur transparan dan kenyal seperti lem. Bagi orang Papua dan Maluku, cara menyantap papeda mungkin tampak aneh, belepotan dan ribet bagi orang dari luar wilayah timur Indonesia. Yakni dihisap.

Menyantap papeda tak pas bila tidak ditemani kuah ikan kuning. Setelah papeda siap, tuangkan kuah ikan ke dalam piring, lalu tinggal bale papeda ke dalam piring. Satu demi satu isapan papeda benar benar memberi kenikmatan sendiri. Namun ada satu tempat yang memberi pilihan menikmati papeda dengan cara berbeda. Yakni penyajian papeda dengan cara diputar di udara.Penampakannya seperti sedang akrobatik layaknya para atlet senam indah.

Orang dari utara sampai selatan Maluku, pasti punya cara bale papeda yang sama. Yakni bale dari sempe langsung ke piring dengan cara diputar putar menggunakan gata gata. Menariknya di Warung Singgah Dolo Desa Tulehu Kecamatan Salahutu Kabupaten Maluku Tengah,  papeda dibale lalu diputar putar diudara layaknya sedang memutar bola basket di ujung jari telunjuk. “Mama Waka memang su lama bisa. Dari awal buka warung lai su bale papeda bagitu,” kata Siti Pari, pemilik warung Singgah Dolo, Desa Tulehu kepada Terasmaluku.com, Sabtu (14/4).

Siti atau yang akrab disapa mama Ciko ini mengaku, kemampuan mama Waka salah seorang pekerja warung dalam memutar papeda telah banyak menyita perhatian. Pasalnya pengunjung warung tak hanya mengenyangkan perut dengan makanan khas Ambon itu, tapi juga memuaskan mata dengan atraksi putar papeda di udara. Bahkan mama Waka bisa melakukan spinning papeda hingga ke atas kepala menggunakan gata gata.

Kedai yang terletak di samping Tulehu Plaza (Tuplaz) itu, memang punya keunikan tersendiri. Warung yang dibuka sejak 2005 itu benar benar membuat takju juga pangling pengunjung yang baru kali pertama datang. Tak mesti orang dari luar Ambon. Warga di Kota Ambon pun banyak yang belum mengetahui eksistensi warung sederhana yang pernah disambangi Pakar Kuliner, Chef Bondan Winarno dan Chef Juna ini.

Namun bagi warga Tulehu dan sekitarnya warung ini lebih dari sekadar atraksi spinning papeda, tapi kelezatan menu kampong nan sehat. “Di sini menu utama dari hasil kabong. Ubi ubi deng pisang rebus. Kalau nasi tu sedikit saja. Itu bukan menu pokok,” lanjut mama Ciko. Inilah yang makin bikin spesial. Warung miliknya benar benar mengangkat makanan lokal dari hasil isi kebun di Maluku. Ada patatas, kaladi, kasbi hingga pisang.

Makanan makanan inilah yang menjadi pengganti nasi. Dapat dibayangkan bila warung miliknya buka cabang di ibukota, sudah pasti akan jadi langganan para artis. Itu lantaran tidak memakai nasi dan dimasak dengan cara kukus atau rebus. Cara memasak itu kini tengah naik daun di kalangan pesohor tanah air sebagai cara terbaik memasak menu diet. Selain menu hasil kebun, juga ada menu khas Tulehu yakni ulang ulang.

Ulang ulang mirip dengan gado gado, namun menggunakan terung. Yang spesial adalah pada kuah kacang. “Kuah kacangnya mentah. Bumbu bumbu mentah tidak dimasak lalu pake lemon cina bukan asam jawa,” tutur Ciko. Tak ketinggalan ikan kuah kuning teman makan papeda yang diracik istimewa. Yakni menggunakan kemiri yang digiling kasar. Paduan inilah yang memberi rasa kuah kuning yang kuat, kental dengan sedikit asam lemon yang kian menambah kesegaran.

“Ini kuah ikan paleng enak. Beta belum pernah rasa kayak begini. Apalagi antua pung atraksi bale papeda, gokil,” ujar Priscilia Haliwela salah seorang pengunjung warung dari Ambon. Coba saja jadwalkan makan siang bersama keluarga saat akhir pekan di warung yang buka setiap hari ini. Pastikan perut dan memori hand phone anda kosong agar bisa diisi makanan sehat nan lezat juga video dan foto atraksi bale papeda di udara yang epik. (BIR)

  •  
  •  
  •  
  •  
  •  
  •  
loading...