Universitas Terbuka (UT) Ambon Gelar EKBM Secara Daring, Dari Kuliah Tanpa Batas Usia Hingga Bantuan Belajar

by
Direktur Universitas Terbuka (UT) Ambon Adrianto, S.E., MM (tengah) memberikan sambutan saat Edukasi Keterampilan Belajar Mandiri (EKBM) bagi 147 mahasiswa baru di Kantor UPBJJ-UT Ambon, Sabtu (13/3/2021). FOTO : UT AMBON

TERASMALUKU.COM,-AMBON-Universitas Terbuka (UT) Ambon menggelar Edukasi Keterampilan Belajar Mandiri (EKBM) bagi 147 mahasiswa baru di Kantor UPBJJ-UT Ambon.

Kegiatan EKBM ini berlangsung selama 2 hari yang di laksanakan secara Daring (dalam jaringan), dan ikuti oleh seluruh mahasiswa baru yang tersebar di sebelas kabupaten/kota di Provinsi Maluku.

EKBM sendiri terdiri dari 2 kegiatan yaitu Orientasi Studi Mahasiswa Baru yang dilaksanakan pada Sabtu (13/3/2021) (OSMB) dan Pelatihan keterampilan Belajar Jarak Jauh (PKBJJ) pada Minggu (14/3/2021).

Mahasiswa baru mengikuti Edukasi Keterampilan Belajar Mandiri (EKBM)

OSMB sendiri bertujuan untuk mengenal dan memahami proses pembelajaran jarak jauh di UT sebagai suatu lingkungan akademis serta memahami mekanisme yang berlaku di dalamnya.

Selain itu OSMB juga bertujuan menambah wawasan mahasiswa baru dalam penggunaan sarana akademik yang tersedia di UPBJJ, mempersiapkan mahasiswa agar mampu belajar mandiri di UT serta mematuhi dan melaksanakan norma – norma yang berlaku di UT dan menumbuhkan kesadaran mahasiswa baru akan tanggungjawab akademik dan sosialnya sebagaimana tertuang dalam Tri Dharma Perguruan Tinggi.

Diawali dengan sambutan Direktur UT Ambon Adrianto, S.E., MM. Dalam penyampaiannya berharap agar para peserta dapat memahami bagaimana proses pembelajaran di UT dan memanfaatkan semua sumber daya yang ada agar tujuan pembelajaran dapat tercapai.

Kegiatanpun dilanjutkan dengan penyematan almamater kepada mahasiswa baru yang diwakilkan oleh 3 orang mahasiswa, penyematan almamater ini dilakukan langsung oleh Direktur UT Ambon dan di dampingi oleh para Manejer.

Penyampaian materi diawali oleh Direktur UT Ambon tentang Sistem Pendidikan Jarak Jauh dan Konsep PTJJ, materi ini memberikan gambaran umum sistem yang diterapkan UT.

“Istilah jarak jauh sendiri berarti pembelajaran tidak selamanya dilakukan secara tatap muka. Sedangkan untuk makna terbuka adalah tidak ada pembatasan usia, tahun ijazah, masa belajar, waktu registrasi, dan frekuensi mengikuti ujian,” jelas Adrianto.

BACA SELANJUTNYA