Upayakan 1×24 Jam Vaksin Terdistribusi ke Kabupaten/Kota, Ambon Yang Pertama

by
Petugas memasukkan box berisi Vaksin Covid Sinovac ke dalam kendaraan Coolbox Instalasi Faramasi Dinas Kesehatan Kota Ambon yang diparkir tepat depan pintu Instalasi Farmasi Dinas Kesehatan Provinsi Maluku di kawasan Karang Panjang, Kota Ambon, Rabu (13/1/2021). FOTO TERASMALUKU.COM

TERASMALUKU.COM,-AMBON-Tepat pukul 11:00 WIT Rabu (13/1/2021) mobil Coolbox Instalasi Farmasi Dinas Kesehatan Kota Ambon bernomor polisi DE 8428 AM melaju meninggalkan halaman Instalasi Farmasi Dinas Kesehatan Provinsi Maluku yang terletak di kawasan Karang Panjang.

BACA JUGA : Presiden Jokowi jalani vaksinasi COVID-19

Kendaraan coolbox ini bermuatan 7.280 dosis Vaksin Covid Sinovac yang dikemas dalam 4 box dan dikawal ketat aparat bersenjata dari Satuan Brimob Polda Maluku yang mengendarai kendaraan taktis dan juga dikawal mobil Satuan Lalulintas sebanyak 2 unit serta kendaraan operasional PT. Pos Indonesia Cabang Ambon menuju Puskesmas Belakang Soya, Kota Ambon untuk diserahkan kepada Dinas Kesehatan Kota Ambon.

Kepala Kantor PT. Pos Indonesia Cabang Ambon, Herryanto S. Gampamole. FOTO : TERASMALUKU.COM

Dalam pendistribusian Vaksin Covid Sinovac di Maluku ini, PT Pos Indonesia Cabang Ambon ditunjuk sebagai penanggungjawab distribusi.

Kepala Kantor PT. Pos Indonesia Cabang Ambon, Herryanto S. Gampamole menjelaskan, Ambon menjadi daerah pertama di Maluku yang didistribusi Vaksin Covid Sinovac jelang pelaksanaan Vaksinasi Covid yang direncanakan akan mulai dilakukan pada Jumat 15 Januari lusa di Maluku.

“Sesuai jadwal itu hari ini yang pertama didistribusikan itu dari Dinas Kesehatan Provinsi ke Dinas Kesehatan Kota Ambon baru diikuti ke Dinas Kesehatan di ibukota-ibukota kabupaten/kota,”jelasnya kepada wartawan di Instalasi Farmasi Dinas Kesehatan Provinsi Maluku yang terletak dikawasan Karang Panjang, Ambon, Rabu pagi.

Setelah Ambon, giliran Maluku Tenggara, Dobo (Kepulauan Aru) dan Saumlaki (Kepulauan Tanimbar) diikuti kabupaten lainnya di Maluku sesuai jadwal yang ditetapkan Dinas Kesehatan Provinsi Maluku. “Rencananya seperti itu,”imbuhnya.

Jadwal penerbangan untuk pendistribusian vaksin, dipastikannya juga tidak terjadi perubahan. “Kita sudah hubungi pihak maskapai penerbangan, jadwal tidak berubah, bahkan kita juga sudah booking tempat. Sampai saat ini semuanya masih normal, belum ada kendala-kendala yang berarti,”sambungnya.

Untuk proses distribusi ini tidak dipungkirinya membutuhkan waktu dan ketelitian terutama dalam proses packing oleh petugas Dinas Kesehatan Provinsi. Apalagi harus ditentukan derajat suhu dari vaksin. “Kami siap kapan saja, kami melihat dari kesiapan Dinas Kesehatan (Provinsi) karena proses packingnya yang membutuhkan waktu dan ketelitian,”tuturnya.

Namun dipastikannya, PT. Pos Indonesia Cabang Ambon siap melakukan distribusi dan menargetkan 1×24 jam vaksin sudah tiba di daerah tujuan. “Kami utamakan pokoknya 1×24 jam ini (vaksin) sudah harus tiba di tujuan, karena daya tahan setelah dipacking itu 3×24 jam,”tandasnya. (Ruzady)