Urgen, DPRD Segera Bahas Ranperda Ambon Kota Kreatif Berbasis Musik

by
Wakil Ketua DPRD Kota Ambon, Ely Toisuta

TERASMALUKU.COM,-AMBON- Pemerintah Kota (Pemkot) Ambon menyerahkan delapan Rancangan Peraturan Daerah (Ranperda) ke DPRD Kota Ambon.  Wakil DPRD Kota Ambon Ely Toisuta mengatakan dari  delapan Ranperda itu  yang harus segera dibahas adalah Ranperda tentang Ambon kota Kreatif berbasis musik. “Ranperda Ambon kota kreatif berbasis musik ini sangat urgen (mendesak) untuk dibahas karena untuk penetapan Ambon sabagai kota musik dunia,” kata Ely kepada wartawan di Ambon, Rabu (6/3/2019).

Politisi Partai Golkar ini mengaku Surat Keputusan  Panitia Khusus (Pansus) DPRD Kota Ambon tetang pembahasan Ranperda akan segera dibuat. Setelah itu, seluruh komisi harus bisa bekerja secara maksimal sehingga Ranperda ditetapkan  menjadi Perda.”SK Pansus itu sementara disusun. Diharapkan setelah ada SK seluruh komisi harus bekerja secara full time,” ujarnya.

Ely menyadari saat ini anggota DPRD Kota Ambon lagi sibuk untuk pertarungan di Pemilu 2019 nanti. Hal itu sangatlah penting, namun menurut Ely, anggota DPRD juga  jangan mengabaikan tugasnya, yakni pembahasan Ranperda hingga   penetapan Perda juga tak kalah lebih penting karena demi kemajuan Kota Ambon manise.

“Artinya, tanggung jawab yang dipikul oleh setiap anggota DPRD itu dalam menghadapi tahun politik memamg juga sangat penting. Tetapi pembahasan Ranperda hingga penetapan menjadi  Perda ini juga sangat penting karena menyangkut tugas dan tanggungjawab anggota DPRD,” kata Ely yang juga Caleg DPRD Kota Ambon ini.

Ia  berharap, pembahasan delapan Ranperda yang diserahkan Pemkot Ambon  bisa dilakukan secara cepat hingga penetapan menjadi Perda. Namun  tidak meninggalkan kualitas dari Perda tersebut. Pada Selasa (5/3/2019), Wakil Walikota Ambon, Syarif Hadler menyerahkan delapan Ranperda ke DPRD Kota Ambon. Penyerahan Ranperda itu digelar dalam rapat paripurna khusus yang diterima Ketua DPRD Kota Ambon, Jemmy Maatita.

Delapan Ranperda yang diserahkan itu  yakni, Ranperda Pejabat Penyidik Pegawai Negeri Sipil (PPNS), Ranperda Ambon Kota Kreatif Berbasis Musik, Ranperda Pembentukan Perusahan Umum Daerah Air Minum, Ranperda Kawasan Tanpa Rokok, Ranperda tentang revisi Perda retribusi pelelangan ikan, Ranperda perubahan atas Perda Kota Ambon No 15 tahun  2012 tentang retribusi pelayanan tera/tera ulang, Ranperda tentang penyelenggaraan reklame dan  Ranperda pencabutan peraturan daerah Kota Ambon. (ALFIAN SANUSI)