Usai Vaksinasi Tim Tetap Pantau Efek Samping di Tubuh Penerima

by
sumber: Merdeka.com

TERASMALUKU.COM,AMBON, –  Pemerintah provinsi dalam hal ini satgas covid-19 Maluku menjamin keamanan vaksin sinovac. Tim nakes dan vaksinator akan terus memantau efek di tubuh penerima usai vaksinasi. Bahkan diberi pengulangan sebagai penguat antibody.

Hal itu diungkapkan Juru BIcara Satgas Covdi-19, Doni Rerung saat memberikan keterangan pers di lantai VI Kantor Gubernur Maluku, pukul 12.30, Selasa (12/11/2021).

Loading…

Seperti skema vaksinasi perdana yang akan berlangsung di RSUP Dr. Johannes Leimena nantinya. Pihaknya telah menyiapkan 4 meja atau 4 tahap bagi peserta vaksin. Di meja keempat atau terakhir, peserta akan dipantau usai tubuh mereka disuntikkan vaksin selema 30 menit.

Di situ mereka akan dipantau perkembangan atau reakasi vaksin saat masuk ke tubuh. “Yang sudah divaksin nanti akan kami awasi 30 menit setelahnya, di meja 4,” terang dia.

Tak hanya berhenti di situ. 14 hari kemudian, akan ada pengulangan suntikan vaksin. Dalam masa itu pun mereka yang tubuhnya telah ada vaksin covid-19  sinovac akan dipantau serta dicek berkala. Vaksin kedua ini merupakan penguatan vaksin di tubuh penerima.

“Tetatp akan diawasi sampe vase vaksinasi pengulangan di hari ke-14. Ini untuk penguatan vaksin supaya hasilkan antibody yang lebih baik,” papar Doni kepada sejumlah awak media di ruang konferensi pers.

Dia berharap dengan proses ini tidak ada penolakan vaksin. Umumnya, penolakan lantaran tidak semua masyarakat paham betul terkait vaksind an perannya di tubuh kita.

“Itu sebabnya tanggal 15 itu selain dari pemerintah, juga ada tokoh agama, asosiasi kesehatan diminta peran aktif dalam memberi pemahaman soal vaksin. Jadi seng perlu ditakutkan,”. (PRISKA BIRAHY)