Uskup Amboina Bangga Pemilu Aman di Maluku

by
Uskup Mandagi

TERASMALUKU.COM,-AMBON-USKUP Diosis Amboina Mgr Petrus Canisius Mandagi, mengaku bangga dengan pelaksanaan Pemilihan Umum (Pemilu) tahun 2019 berjalan dengan aman dan damai di Provinsi Maluku. “Kepada masyarakat Maluku saya menyampaikan profisiat karena telah melaksanakan pemilu dengan aman dan damai. Saya bangga dengan masyarakat Maluku,” kata Mandagi di Ambon, Sabtu (4/5/2019).

Menurutnya, dalam pesta demokrasi 17 April 2019 , masyarakat Maluku lebih mengutamakan kedamaian bukan pertikaian. Selain itu, warga memprioritaskan cinta kasih bukan sebaliknya kebencian.”Karena itu saya himbau lagi sebagai tokoh agama, supaya sesudah pemilihan ini mari kita jaga kedamaian di Provinsi tercinta ini. Jangan ada pertikaian, jangan ada perselisihan dan jangan ada benci,” pintanya.

Dalam perhelatan demokrasi, Mandagi mengaku perbedaan merupakan hal yang wajar. Tapi perbedaan itu tidak lantas menjadikan masyarakat saling bermusuhan, tapi sebaliknya membuat hidup lebih indah dalam kedamaian.”Memang ada perbedaan, tetapi sekarang kita harus berada didalam kedamaian,” harapnya.

Loading...

Sebagai warga negara yang baik, Mandagi menghimbau masyarakat untuk berpegang teguh kepada aturan Perundang-Undangan atau konstitusi. Olehnya itu, warga diminta agar tetap tenang menunggu penghitungan dan pengumuman resmi dari KPU terkait hasil Pemilu nanti.

“Marilah kita menunggu hasil dari pemilu ini khususnya hasil dari pemilihan presiden dan wakil presiden. Kita menunggu sampai ada keputusan dari KPU, lembaga yang instimewa yang telah ditentukan oleh pemerintah, oleh rakyat. Lembaga yang nanti memutuskan siapa yang menang dan siapa yang kalah,” pintanya.

Ia berharap, dalam keputusan resmi KPU nanti, masyarakat yang merasa menang diminta bersyukur dan boleh bergembira. Namun diingatkan untuk tidak menghina mereka yang kalah.

“Sebaliknya mereka yang kalah harus berani menerima kekalahan. Karena itulah pemilihan. Tidak ada yang menang bersama dan tidak ada yang kalah bersama,” ungkapnya.

Mandagi merasa yakin, bahwa rakyat Indonesia, khususnya di Maluku, dapat menerima hasil dengan penuh suka cita, gembira, aman dan damai.”Saya yakin se yakin yakinnya, orang Indonesia, orang Maluku bukan pertama kali melakukan Pemilu. Kita sudah sering lalui dengan kedamaian dan ketentraman,” tandasnya. (ADI)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *