Utusan Presiden Kunjungi Maluku Bahas Soal LIN, Ini Lokasi Yang Dikunjungi

by
Kasrul Selang. FOTO : HUMAS MALUKU

TERASMALUKU.COM,-AMBON-Perjuangan Provinsi Maluku sebagai Lumbung Ikan Nasional mulai ada titik terang dari pemerintah pusat. Tim dari Sekretariat Presiden RI dan Kementerian Koordinator Bidang Kemaritian dan Investasi (Kemenkomarves) akan mengunjungi Kota Ambon dan Maluku untuk melihat kesiapan lokasi. Mereka akan membahas perkembangan LIN untuk Maluku.

“Timnya ini akan dipimpin salah satu Deputi dari Kemenkomaritim dan Investasi, akan tiba hari Selasa (11 Agustus). Agendanya akan lihat Pelabuhan Yos Sudarso, Pelabuhan Perikanan dan akan lihat pusat dari LIN yang renacananya dibuat di Pelabuhan Waai-Tulehu. Hari Rabu, baru rapat koordinasi dengan instansi terkait,” kata Sekda Maluku Kasrul Selang kepada wartawan di Kantor Gubernur Maluku, Minggu (9/8/2020).

Dalam rapat bersama itu nantinya, akan ada banyak hal yang bakal dibahas soal perkembangan LIN Maluku. Tim perwakilan pemerintah pusat ini ada juga dari Sekretariat Presiden RI sebagai langkah untuk mempercepat penetapan Peraturan Presiden (Perpres) terkait LIN Maluku.

Loading...

“Selama ini kan kita bahas hanya melalui vicon (video teleconference) saja. Jadi mereka mau lihat lokasinya bagaimana. Karena yang datang ini juga ada dari Tim Sekretariat Presiden untuk upaya bagaimana percepatan Perpres (LIN). Itu yang paling penting,” kata Kasrul.

Kasrul mengatakan kedatangan tim pemerintah pusat ini merupakan respon surat persetujuan Menteri Kelautan dan Perikanan (KKP) Edhy Prabowo terkait LIN Maluku beberapa waktu lalu.

Lalu bagaimana soal konsep Maluku terkait LIN, menurut Kasrul sudah dipersiapkan Pemerintah Provinsi Maluku. “Sudah siap, nanti kita (Provinsi Maluku) akan paparkan dulu. Kan secara vicom setiap dua kali seminggu Dinas Perikanan paparkan, tinggal mereka datang lihat lokasi. Yang paling penting kita punya penyediaan lahan,”kata Kasrul. (ADI)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *